Kami sampaikan kabar untuk anda

Komnas HAM Bentuk Tim Khusus Usut Kerusuhan 22 Mei

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta  — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membentuk tim khusus untuk mengusut kerusuhan 22 Mei. Tim khusus itu telah bekerja sejak kerusuhan terjadi pada 21 Mei lalu.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan pembentukan tim khusus berdasarkan Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

“Kami ini tidak mungkin tergabung dengan tim polisi, kita berada di luar, tim yang berdiri sendiri,” ujar Taufan di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Taufan mengungkapkan tim khusus telah mengecek sejumlah korban tewas yang diduga terkena peluru tajam. Namun dia menyatakan tim khusus belum bisa menyimpulkan soal dugaan pelanggaran HAM pada peristiwa 22 Mei.

“Dalam berbagai kesempatan kami mengatakan untuk sementara kami belum bisa menyimpulkan yang terang,” kata dia.

Taufan mengatakan pihaknya tetap akan mendukung tim yang dibentuk Polri untuk mengusut kerusuhan tersebut.

Sebelumnya Polri juga telah membentuk tim yang dipimpin oleh Irwasum mengusut kerusuhan 22 Mei, termasuk pelanggaran prosedur dari aparat.
Taufan menegaskan tim khusus Komnas HAM akan tetap berkoordinasi dengan kepolisian.

“Pihak kepolisian kan katanya juga akan melibatkan Komnas HAM, ini kita tentu koordinasi terus dengan sesama mitra. Kami sangat mendukung tim kepolisian dengan amanat undang undang yang kami miliki,” ucap dia.

Ia mengatakan tim khusus juga akan bekerja dengan lembaga dan komisi negara lainnya. Serta melibatkan sejumlah tokoh yang dinilai ahli dalam bidangnya seperti Marzuki Darusman dan putri mendiang Gus Dur, Anita Wahid, yang kini anggota presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).[CNN Indonesia]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.