Kami sampaikan kabar untuk anda

ICMI Minta Bentuk Tim Investigasi Terkait Tragedi 22 Mei


Ketua umum ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia), Jimly Asshidiqie
Foto: Republika TV/Surya Dinata

JAKARTA — Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga persatuan, kedamaian, dan ketertiban pasca-pengumuman hasil pemilihan umum (pemilu). ICMI juga mengajak seluruh masyarakat mengawal proses hukum yang berlangsung.

“Pemilu adalah rutinitas per lima tahun. Kita harus melihat jauh ke depan bahwa kepentingan bangsa dan negara, serta persatuan dan kesatuan, jauh lebih penting dari urusan perebutan jabatan dan kekuasaan sesaat,” kata Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Jumat (24/5).

Dia juga meminta Mahkamah Konstitusi (MK) agar dapat memutuskan perkara secara independen, jujur, dan adil, terutama yang mengenai perkara pemilu.

Selain itu, pihaknya menyayangkan adanya kerusuhan yang terjadi di Jakarta. Maka dari itu, upaya-upaya para tokoh bangsa untuk meredakan ketegangan diapresiasinya sebagai langkah menemukan solusi-solusi terbaik demi keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

“Terhadap tragedi 21-22 Mei yang menelan korban jiwa dan luka-luka, perlu segera dibentuk tim investigasi sehingga masyarakat mendapat penjelasan dan pemahaman utuh tentang kejadian sebenarnya,” kata mantan ketua MK itu.

ICMI mengharapkan kejadian yang menelan korban jiwa tidak terulang lagi. Dia juga meminta kepada pihak keamanan terutama TNI dan Polri untuk tetap setia menjaga rakyat dan selalu mengambil posisi netral. Dia meminta aparat untuk menghindari tindakan represif.[republika]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.