Kami sampaikan kabar untuk anda

Gedung Bawaslu Sempat Terbakar, Diduga Dilempar Molotov

Screenshoot Lantai 2 Bawaslu Terbakar Foto: (Ist/Bagja/Bawaslu)

Jakarta – Salah satu area di gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jakarta Pusat, ternyata sempat terbakar saat kerusuhan terjadi. Api diduga berasal dari molotov yang dilempar massa demonstran.

“Benar, lantai 2 terbakar, dinding saja yang rusak, dinding yang pinggir menghadap gedung Jaya yang ke arah Tanah Abang,” ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat dihubungi detikcom via telepon, Kamis (23/5/2019) pukul 04.20 WIB.

Bagja mengatakan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 23.00-24.00 WIB saat terjadi kerusuhan massa demonstran yang dipukul mundur polisi dari depan gedung Bawaslu. Menurutnya lantai yang sempat terbakar ini merupakan tempat pimpinan Bawaslu berkantor.

“Itu ruang tenaga ahli dan tim asistensi, itu lantainya pimpinan, lantainya ketua dan anggota itu di lantai 2,” jelasnya.

Bagja menambahkan tidak ada kerusakan berarti akibat peristiwa ini. Tidak ada pula dokumen-dokumen penting yang rusak. Petugas di Bawaslu sigap mengantisipasi.

“Itu cepat dipadamkan sama petugas, jadi di luar saja nggak sempat masuk ke dalam karena cepat dipadamkan. Kalau nggak ke mana-mana,” jelasnya.

Video terbakarnya bagian gedung Bawaslu ini beredar di media sosial dan grup WhatsApp. “Bawaslu terbakar…” ujar salah seorang massa. Video tampak di ambil salah seorang dari kerumunan massa. Di video itu juga terdengar suara ledakan-ledakan.

Saat kerusuhan terjadi, polisi segera bertindak memukul mundur massa. Polisi menembakkan gas air mata sementara massa membalas melempar batu, juga menembakkan kembang api ke arah petugas. Massa juga ada yang merusak dan membakar sejumlah fasilitas publik, salah satunya pos polisi di Sarinah./detikcom

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.