Kami sampaikan kabar untuk anda

Ustaz Arifin Ilham, Ulama Kharismatik Pendiri Az-Zikra

Ustaz Arifin Ilham telah menghembuskan nafas terakhir setelah lama berjuang melawan penyakit kanker getah bening. (Screenshot via instagram @alvin_411)

Jakarta — Pendiri yayasan pesantren Az-Zikra, Muhammad Arifin Ilham alias Ustaz Arifin Ilham meninggal karena penyakit kanker getah bening yang dideritanya.

Melansir melalui CNN Indonesia, mangkatnya sang ustaz tersebut dikonfirmasi putranya, Muammad Alvin Faiz dalam unggahan di instagramnya, Rabu (22/5) malam.

Innnalillahiwainnailaihirojiun telah wafat Abi kami tercinta Abi @@kh_m_arifin_ilham,’ demikian petikan unggahan Alvin di akun Instagram-nya malam ini.

Alvin menyatakan sang dai akan segera dipulangkan dari Penang, Malaysia tempat dirawatnya selama ini untuk dimakamkan di Pesantren Az-Zikra, Gunung Sindur, Bogor.

Arifin Ilham pernah menuntut ilmu di Pesantren Darunnajah Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Namun, di pesantren tersebut, ia hanya  sampai kelas dua aliyah (setara SMA). Pada 1987, ia meneruskan pendidikannya hingga kelas tiga di Pesantren Assyafi’iyah, Tebet, Jakarta Selatan.

Bakat ceramahnya sudah mulai muncul semenjak dia di pesantren. Seiring waktu, ia mulai dipanggil untuk berceramah di kampung halamannya (Banjarmasin), Jakarta, dan sekitarnya.

Masa kuliahnya dihabiskan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Nasional (Unas), Jakarta. Ia lulus pada 1994 saat umurnya 25 tahun.

Tiga tahun setelah lulus pria dari lima bersaudara mendirikan Majelis Az-Zikra di Depok, Jawa Barat. Pengalaman ‘dekat dengan kematian’ menjadi salah satu alasan Arifin mendirikan majelis zikir berjamaah itu. Ia sempat koma lantaran digigit ular.

Ia juga salah satu ustaz yang memopulerkan zikir berjamaah. Zikir yang dibawakannya dianggap ringkas dan mudah diikuti setiap orang. Setiap berzikir ia menerjemahkannya ke bahasa Indonesia agar dimengerti jemaahnya.

Pada 2009, Az-Zikra secara resmi dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tiga tahun berselang, di tempat yang sama Arifin Ilham mendirikan Pondok Pesantren Al-Qur’an dan Sunnah Az-Zikra.

Selain mendirikan majelis dan pondok pesantren, dia juga sempat berbisnis madu yang dinamainya ‘Madu Az-Zikra’. Bisnis madu ini sempat geger dan cukup laku karena disebut memiliki banyak khasiat.

Khasiat dari madu ini ini, disebut Arifin didapatkan karena doa dari ribuan jemaah.

“Madunya sama dengan madu liar yang lain. Tapi, doa yang dihembuskan dari ribuan jemaahlah yang membuat beda,” kata Arifin beberapa waktu lalu.

Cawapres Ijtimak Ulama

Arifin juga diketahui merupakan salah satu penggerak Aksi 212 dua tahun lalu. Melalui akun Facebook-nya, saat itu, ia mengajak seluruh umat islam untuk datang ke Aksi Bela Islam yang diselenggarakan di Monumen Nasional 2 Desember 2016 silam.

“Ayooo sahabatku, keluargaku, mari kita hadiri, banjiri Aksi Super Damai ini dengan niat semata mata lilaahi demi membela Alquran-Nya dan keutuhan NKRI tercinta,” ucap dia beberapa waktu lalu.

Selain itu, nama Arifin sempat disodorkan menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto melalui ijtimak ulama. Namanya disodorkan bersamaan dengan sejumlah pemuka agama lain seperti Abdul Somad, Salim Segaf Al-Jufri, dan Abdullah Gymnastiar.

Kendati namanya disebut sebagai cawapres Prabowo, ia malah meminta rekannya Ustaz Abdul Somad (UAS) untuk menjadi pendamping mantan Danjen Kopassus itu di Pilpres 2019.

Melalui rekaman suara yang diunggah lewat akun Facebook pribadinya, Arifin meminta  Abdul Somad, yang ia sudah anggap sebagai abangnya sendiri itu untuk mengikuti jejak Nabi Muhammad dan jajaran sahabat Rasulullah, menjadi ulama sekaligus pemimpin (umara).

“Abangku yang kucintai karena Allah, saatnya bang, mencontoh dan meneladani Rasulullah dan para sahabat menjadi umaro dan ulama sekaligus. Hargai bang, istikharah, musyawarah dan ijtima ulama,” kata Arifin lewat rekaman di Facebook yang sudah didengar sebanyak 37 ribu pengikutnya, Rabu (1/8/2018).

Pada awal tahun ini, Arifin Ilham yang menderita sakti kanker getah bening melanjutkan perawatan intensif di Penang, Malaysia. Arifin diterbangkan ke Malaysia usai sebelumnya menjalani pengobatan dan perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta mengidap kanker getah bening stadium 4A.

Saat dirawat di Penang tersebut, Arifin diketahui sempat dibesuk Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto secara terpisah. Dua tokoh itu menjadi rival politik dalam kontestasi Pilpres 2019.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.