Kami sampaikan kabar untuk anda

Rekapitulasi Rampung, Hari Ini KPU Tetapkan Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2019

detikriau.org – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019, hari ini, Selasa (21/5).

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, penetapan akan dilakukan menyusul rampungnya proses rekapitulasi suara di 34 provinsi, yang mana Papua sebagai provinsi terakhir telah rampung pada Senin (20/5) kemarin.

“Tapi yang jelas KPU kalau sudah selesai melakukan rekap, maka akan menetapkan hasil rekapitulasi perhitungan suaranya. Jadi teman-teman jangan salah, yang kita lakukan malam ini adalah penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara,” ucap Arief Budiman kepada awak media, Selasa (21/5) dini hari.

Setelah itu, tiga hari ke depan akan disediakan waktu bagi pihak yang tidak terima untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

“Setelah itu 3 kali 24 jam akan ada kesempatan, akan ada waktu untuk mereka yang mau mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Namun, jika dalam waktu tiga hari kedepan tidak ada yang melakukan gugatan, pihak KPU akan menetapkan calon terpilih.

“Nah kalau sampai tanggal 24 tidak ada pengajuan sengketa maka KPU tiga hari berikutnya punya kesempatan untuk menetapkan calon terpilih untuk paslon sama DPD. Tapi kalo untuk partai akan ada penetapan terpilih dan perolehan kursi,” paparnya./rmol

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.