Kami sampaikan kabar untuk anda

Wiranto: Kalau tak Ingin Ditangkap, Jangan Macam-Macam


Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan pers seusai rapat koordinasi khusus (Rakorsus) tingkat menteri di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (24/4/2019).
Foto: Antara/Renald Ghifari

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengatakan negara ini memang negara demokrasi, tapi bukan berarti benar-benar bebas melakukan apapun. Ada rambu-rambu hukum yang mengatur kebebasan itu agar tak mengganggu kebebasan orang lain.

“Ada kemudian penangkapan tokoh-tokoh ekstrem yang nyata-nyata melanggar hukum ada. Supaya tahu bahwa negeri ini ada hukumnya, nggak sebebas-bebasnya,” kata Wiranto di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/5).

Menurutnya, negara Indonesia memang negara demokrasi. Tapi, itu bukan berarti seseorang dapat melakukan apapun sebebas-bebasnya. Ada rambu-rambu hukum yang mengatur kebebasan tersebut agar tak mengganggu kebebasan orang lain.

“Jangan sampai mengancam keamanan negara, jangan. Kami ini aparat keamanan hanya masuk di wilayah itu, menjaga itu. Kalau masyarakat sudah taat hukum, ya kami santai-santai saja,” ujarnya.

Namun, kata Wiranto, yang terjadi saat ini adalah ada masyarakat yang secara nyata melenggar hukum. Masyarakat yang seperti itu, akan ditindak aparat keamanan. Dia tidak ingin pemerintah dikatakan kejam dan kembali ke orde baru karena melakukan hal itu.

“Jangan katakan Pak Wiranto kejam, kembali orde baru, kolonial, kami hanya menjaga hukum ditegakkan karena Republik Indonesia negara hukum. Kalo nggak ingin ditangkep ya jangan macam-macam. Jangan langgar hukum,” jelas dia./republika

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.