Kami sampaikan kabar untuk anda

Laporan Tak Ditindaklanjuti, Surya Lesmana Pertanyakan Kinerja Tim Pengawas Pemilu

Surya Lesmana/Net

Tembilahan, detikriau.org – Calon Anggota Legislatif asal Dapil Inhil IV dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Surya Lesmana mempertanyakan kinerja Tim Pengawas Pemilu. Menurutnya, laporan dugaan pelanggaran pemilu dengan bukti yang sangat jelas saja tidak dapat ditindaklanjuti, apalgi jika hanya sekedar laporan lisan.

“Saya jadi tak habis pikir. Kasus seterang ini saja tidak dapat ditindaklanjuti, apalagi jika hanya laporan sebatas penyampaian lisan. Terus terang, saya pertanyakan kinerja Tim Pengawas Pemilu,” Ujar Surya kepada detikriau.org melalui sambungan telepon selularnya, jum’at (17/5)

“yang saya sebut, Tim Pengawas Pemilu, artinya bukan hanya sebatas kepada Bawaslu,” Kembali dipertegas Surya

Menurut Surya yang hingga hari ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Inhil itu, harusnya dalam memutuskan perkara dugaan pelanggaran pemilu, Bawaslu memegang peran utama. Kehadiran penyidik kepolisian dan kejaksaan, pendapat Surya tentu hanya sebatas pendampingan, bukan penentu mutlak keputusan diteruskan atau tidaknya sebuah laporan dugaan pelanggaran pemilu.

“Memang keputusan sudah ditetapkan, tapi saya tetap akan perjuangkan sampai ada keadilan. Nanti bagaimana tindaklanjutnya, saya akan bicarakan kembali dengan kuasa hukum saya.” Ujar Surya mengakhiri.

Sebelumnya, dalam surat resminya, Bawaslu Inhil menyampaikan pemberitahuan bahwa status laporan Surya Lesmana tidak dapat ditindaklanjuti.

Tidak ditingkatkannya status laporan bernomor 01/LP/PL/cam.TelukBelengkong /04.04/IV/2019 perihal dugaan tindakpidana pemilu (penggelembungan suara) ke tahap penyidikan disebutkan karena tidak terpenuhinya hukum formil tindak pidana pemilu./ rd

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.