Kami sampaikan kabar untuk anda

GMMK dan Warga Muslim Riau Gelar Aksi Super Damai

foto: riauterkini.com

PEKANBARU – Gerakan Masyarakat Menuntut Keadilan (GMMK) bersama komponen masyarakat lainnya menggelar aksi super damai, Jum’at (17/5/19). Aksi yang di hadiri ribuan massa dari berbagai komponen masyarakat di Pekanbaru.

Ketua GMMK Riau, Yana Suryana membuka orasi dengan mengajak seluruh komponen untuk benar benar melaksanakan aksi super damai. Karena menurutnya, aksi super damai ini bukan aksi bela 01 ataupun 02. Tetapi aksi yang meminta KPU untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai dengan undang undang. Yaitu jujur dan adil.

“Kesemerawutan yang terjadi saat ini disebabkan oleh KPU. Untuk itu kita sebagai rakyat meminta kepada komisioner KPU untuk bekerja dengan jujur dan adil serta tidak memihak. Karena kami merasa suara kami tidak di ditempatkan kepada yang sebenarnya,” terangnya.

foto: riauterkini.com

Sementara itu, orator kedua, Elmayanti juga mengatakan bahwa aksi saat ini bukan untuk mendukung 01 atau 02. Tetapi ingin meminta empati kepada KPU kepada lebih dari seribu petugas KPPS dan lebih dari 500 orang meninggal dunia.

“Kita menuntut kepada KPU untuk mengusut penyebab meninggalnya petugas pemilu,” terangnya.

Di sisi lain, Elmayanti menyorot banyak sekali ketidak jujuran sejak awal pelaksanaan pemilu. Mulai dari surat kesehatan petugas KPPS, kemudian kotak suara dari kerdus hingga kesalahan input suara yang banyak sekali merugikan salah satu paslon pilpres dan menguntungkan paslon pilpres lainnya.

Polisi Terjunkan 450 Personil

Kepolisian Resor Kota Pekanbaru terjunkan 450 personel guna mengamankan aksi Super Damai yang digelar di depan KPU Riau jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Dalam aksi ini Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto juga langsung hadir membaur dalam aksi tersebut. “Kita kerahkan 450 personel, semoga berjalan damai,” katanya.

foto: riauterkini.com

Sementara itu, meski tidak turunkan langsung personelnya, namun tampak barisan personel di halaman Mapolda Riau. Diperkirakan barisan anggota tersebut disiagakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita back up saja,” ujar Kabid Humas Polda Riau, Sunarto.

Dalam aksi super damai itu, ketua dan komisioner KPU Riau tampak hadir menemui massa aksi, namun kedua komisioner KPU Riau itu tak diberikan kesempatan untuk berbicara.

 

Sumber: riauterkini.com    editor: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.