Kami sampaikan kabar untuk anda

Jumlah Petugas Pemilu Yang Meninggal Menjadi 554 Orang

Jakarta – Proses pemilihan umum serentak 2019 menyisakan duka. Pesta demokrasi yang harusnya dilalui dengan suka cita itu justru menimbulkan luka yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bagaimana tidak, gelaran akbar lima tahunan tersebut merenggut ratusan nyawa masyarakat yang bertugas memastikan kesuksesan Pemilu 2019.

Berdasarkan data Litbang TVOne, hingga kemarin, Sabtu (4/5), tercatat petugas Pemilu yang meninggal dunia sudah mencapai 554 orang. Korban terbanyak dari unsur petugas KPPS yang jumlahnya mencapai 440 orang.

Sementara korban meninggal yang lain berasal dari petugas Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang berjumlah 92 orang. Sedangkan dari usur kepolisian sebesar 22 orang.

Selain korban meninggal dunia, Pemilu 2019 juga menyebabkan sakit. Dari data yang sama, jumlah petugas KPPS yang sakit mencapai 3.788 orang banyaknya.

Sejauh ini pemerintah telah memberikan santunan kepada keluarga korban petugas KPPS. Santunan beragam, seperti Rp 36 juta untuk korban meninggal, Rp 30 juta untuk cacat, dan Rp 8,5 – 16,5 juta untuk yang terluka.[rmol]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.