Kami sampaikan kabar untuk anda

KPU Baru Tuntaskan 9,53 Persen Rekapitulasi Kabupaten/Kota

Komisioner KPU Ilham Saputra menyebut rekapitulasi tingkat kabupaten/kota baru 9,53 persen. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Jakarta — Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru menuntaskan 9,53 persen rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat kabupaten/kota per Selasa (30/4) malam.

Komisioner KPU Ilham Saputra menyampaikan hingga saat ini baru ada 49 kabupaten/kota di 20 provinsi yang sudah menyelesaikan rekapitulasi.

“Dari 514 kabupaten/kota, ada 49 yang sudah selesai rekapitulasi tingkat kabupaten/kota,” kata Ilham lewat keterangan tertulis, Selasa (30/4) malam.

KPU mencatat baru Provinsi Bangka Belitung yang sudah menuntaskan seluruh rekapitulasi tingkat kabupaten/kota. Sementara 19 daerah lainnya bervariasi tingkat penuntasannya.

Ia merinci Sumatra Utara sudah menuntaskan 5 kabupaten/kota, Sumatra Barat 1 kabupaten/kota, Jambi 9 kabupaten/kota, dan Lampung 1 kabupaten/kota.

DKI Jakarta 1 kabupaten/kota, Jawa Barat 1 kabupaten/kota, Jawa Timur 3 kabupaten/kota, Bali 1 kabupaten/kota, Nusa Tenggara Timur 1 kabupaten/kota, dan Kalimantan Barat 1 kabupaten/kota.

Lalu di Kalimantan Tengah 7 kabupaten/kota, Kalimantan Selatan 1 kabupaten/kota, Kalimantan Utara 3 kabupaten/kota, Sulawesi Utara 1 kabupaten/kota, Sulawesi Selatan 1 kabupaten/kota, dan Sulawesi Tenggara 3 kabupaten/kota. Kemudian di Gorontalo 1 kabupaten/kota, Papua 6 kabupaten/kota, dan Papua Barat 2 kabupaten/kota.

Sementara itu, rekapitulasi tingkat kecamatan sudah diselesaikan di 31 persen daerah atau 160 kabupaten/kota.

“Dari 514 kabupaten/kota, ada 160 yang sudah selesai rekapitulasi tingkat kecamatan,” ujar Ilham.

Rekapitulasi suara tingkat kecamatan dimulai 18 April hingga 4 Mei 2019. Kemudian untuk tingkat kabupaten/kota dibuka pada 22 April hingga 7 Mei 2019. Sementara tingkat nasional digelar di Kantor KPU, Jakarta, 25 April dan ditutup 22 Mei 2019.[CNN Indonesia]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.