Kami sampaikan kabar untuk anda

Tindaklanjuti Dugaan Pidana Pemilu di Belengkong. Bawaslu Inhil Panggil Surya Lesmana

Komisiner Bawaslu Inhil Andang Yudiantoro./ foto: detikriau.org/Bud

Tembilahan, detikriau.org – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir memanggil Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Inhil Dapil IV asal PDIP, Surya Lesmana untuk dimintai keterangan terkait laporannya akan adanya dugaan terjadinya tindakpidana pemilu di Lima Desa di Kecamatan Teluk Belengkong.

“Iya, hari ini kita mintakan keterangan dari pelapor. Kita ingin mendapatkan keterangan secara jelas dan rinci sejauhmana pelapor  mengetahui adanya dugaan terjadinya tindakpidana pemilu,” Ujar Komisioner Bawaslu Inhil, Andang Yudiantoro ditemui detikriau.org di gedung kantor Bawaslu Inhil Jalan Trimas Tembilahan, senin (29/4/2019)

Menurut Andang, Dalam laporannya, Surya Lesmana mencurigai adanya peristiwa yang disebutnya agak aneh, seperti  dengan adanya 100 persen pemilih yang hanya memilih satu orang caleg di satu TPS.

Hal lainnya juga misalnya disebutkan adanya pemilih yang saat hari H (17 April 2019) tidak berada di lokasi pencoblosan tetapi dalam absensi tps (form C-7), nama yang bersangkutan ditandatangani.

“artinya orang ini ikut memberikan hak suara padahal diyakini pelapor, orang tersebut berada di daerah lain.  Ini tentu perlu kita telusuri, apakah ia benar berada di lokasi pemilihan atau jangan-jangan namanya saja yang ada padahal orangnya tidak berada di TPS,” Sampaikan Andang

Ditambahkan Andang, disamping dua dugaan diatas, pihak Bawaslu juga menemukan adanya dugaan tanda-tangan palsu. “bentuk tanda-tangannya memang lain-lain, tapi ada kecurigaan kita sepertinya tekanan saat menggoreskan tandatangan hampir sama. Jika benar, ini kasusnya lain, ini pemalsuan, nanti kita kembangkan,”Pastikan Andang.

Sejak diregister (25/4/2019) hingga 14 hari kedepan, pihak Bawaslu menurut Andang akan memintakan klarifikasi dari sejumlah orang, misalnya dengan cara tanya-jawab dan penggalian informasi dalam bentuk lainnya, dalam rentang waktu ini, jika memang diperlukan, Bawaslu juga akan memintakan keterangan dari saksi lainnya yang dianggap mengetahui.

“setelah proses ini selesai, dalam rentang waktu 14 hari itu juga, kita lakukan pleno bersama gakumdu untuk memutuskan apakah laporan ini ditingkatkan ke penyidikan atau tidak,”urai mantan Ketua PWI Inhil ini mengakhiri./ red

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.