Kami sampaikan kabar untuk anda

Sandi ke Relawan: Bawa Bukti Jika Lapor Kecurangan, Jangan Katanya-katanya

Sandiaga Uno (Foto: Zakia Liland/detikcom)

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno meminta pendukung hingga relawannya mengumpulkan bukti jika ada indikasi kecurangan Pemilu 2019. Dia tak ingin kecurangan ini diutarakan tanpa bukti.

“Sekarang bagaimana menentukan bahwa ini terstruktur, ini masif, dan ini juga sistematis? Bagaimana kita semua melaporkan. Jangan kita datang hanya katanya-katanya. Bawa bukti. Laporkan dan sekarang kami juga mendukung adanya tim pencari fakta yang independen,” ujar Sandiaga dalam sambutannya di hadapan relawan Melawai 16, di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/4/2019).

Sandiaga mengatakan banyak menerima laporan dari relawan soal indikasi kecurangan pemilu. Tim pencari fakta tersebut didukungnya untuk membantu Bawaslu dan penyelenggara pemilu mengakomodasi temuan-temuan diduga kecurangan di lapangan.

“Bukan untuk mendelegitimasi Bawaslu atau KPU, tapi untuk membantu karena laporan itu sudah sampai ribuan. Jadi kita pastikan langkah ini kita tempuh secara konstitusional, di bawah koridor hukum, langkah kita semua harus damai dan tidak boleh kita anarkis. Kita harus sampaikan apa yang ingin kita perjuangkan,” paparnya.

Dia juga menyoroti ratusan KPPS yang meninggal dunia pada saat mengawal pemilu. Sandiaga mengimbau relawannya agar menjaga kesehatan saat melakukan pengawalan rekapitulasi C1 pasca-pencoblosan.

“Kita ingin mengirim relawan kesehatan di proses-proses pencatatan ini sehingga kesehatan para petugas kita, para pejuang kita, para relawan kita, dan semua yang mengawal. Proses ini dipastikan tidak ada lagi korban yang jatuh. Karena sudah, jangankan 300 atau 300 lebih, satu nyawa pun sangat berharga. Jadi mohon para relawan di sini, nomor satu jaga kesehatan,” katanya.[detikcom]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.