Kami sampaikan kabar untuk anda

Manfaatkan ADD, Desa Pangkalan Balai Prioritaskan Pembangunan Sejumlah Fasilitas Umum

ilustrasi pekerjaan pembangunan jalan penghubung desa./ Foto: arsip detikriau.org

MERANTI (detikriau.org – Kwalitas air tanah di wilayah Desa Pangkalan Balai jarang dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat tempatan. Guna mengatasi kebutuhan air bersih pada musim kemarau, pemerintah Pangkalan Balai Kabupaten Kepulauan Meranti telah membuat sumur bor. Pembuatan sumur ini menjadi program prioritas dengan menggunakan dana desa (ADD).

Pj Kepala Desa Pangkalan Balai,  Arif Fadila mengatakan, pembangunan sumur bor sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat selama musim kemarau.

“Pemerintah Desa Pangkalan Balai telah memprogramkan pembuatan sumur bor menggunakan dana ADD,” ungkap pria yang akrab disapa Wadi tersebut belum lama ini.

Wadi menambahkan, selain untuk memenuhi kebutuhan warga seperti mencuci dan minum, sumur bor ini juga dapat digunakan sebagai sumber mata air mengatasi kerusakan lahan dan hutan (karhutla).

Menurutnya, pemerintah desa membuat program membangun sumur bor air bersih demi kepentingan masyarakat. Mengingat air bersih merupakan salah satu masalah besar yang selama ini selalu melanda warga desa.

“Ada tiga dusun yang terkena dampak paling parah dari kondisi krisis air bersih saat musim kemarau,” terangnya.

Pj Kades Pangkalan Balai ini juga menuturkan, pada tahun 2018, sudah terealisasi pembangunan sumur bor di tiga dusun Pangkalan balai.

“Pembanguman Sumur Bor air bersih ini begitu terasa manfaatnya bagi masyarakat, karena di sana tanahnyakan gambut,” ungkap Wadi kepada detikriau.org.

Selain pembangunan Sumur Bor,  pembangunan jembatan kayu dan turap papan di pelabuhan Dusun 2 Dakap juga direalisasikan. “Pelabuhan ini urat nadi perekonomian masyarakat dan pintu masuk bagi warga Tasik Putri Puyu yang mau ke Selatpanjang melalui jalan darat,” Terang Wadi.

Dengan sumber Dana ADD, lanjut Wadi, juga dilakukan pembangunan semenisasi lapangan bola voli, dimana cabang olah raga ini sangat populer di desa Pangkalan Balai.

“Semua pembangunan prioritas di Desa Pangkalan Balai ini dilaksanakan dengan sumber dana ADD desa Pangkalan Balai tahun 2018,” tutur Wadi.

Sementara itu, Wadi juga menambahkan, pada tahun 2019 ini program perioritas semenisasi jalan sepanjang 127 M yg menghubungkan Dusun 2 dan Dusun 3 Pangkalan Balai menjadi salah satu program prioritas utama di Desa Pangkalan Balai.

Tidak hanya itu, pembangunan gedung PAUD dan Duiker di Dusun 3 Desa Pangkalan Balai juga termasuk dalan prioritas tersebut.

“Kondisi bangunan PAUD yang ada sangat memperihatinkan, sedangkan Duiker yang ada sudah lama patah dan rusak berat, sementara Duiker ini salah satu bagian utama jalan yang menjadi penghubung ke desa Baran Melintang,” beber Wadi.

Tidak hanya sejumlah program-program itu, semenisasi lapangan olahraga bola voli di dusun 2 juga menurut Wadi menjadi program pembangunan yang akan segera direalisasikan pada tahun 2019 ini.

Dikatakan Wadi,  olahraga bola voli begitu disukai oleh memasyarakat di Desa Pangkalan Balai. Berbagai prestasi telah diraih oleh pemuda pemudi yang merupakan warga masyarakat tempatan di desa yang terletak pada sebelah timur Kecamatan Pulau Merbau ini.

Pada Turnamen Bola Voli Renak Dungun CUP 2 tahun 2019 yang berakhir Ahad (21/04/2019) kemarin, regu bola voli putri Desa Pangkalan Balai berhasil naik podium urutan 2, setelah mendahului Regu Voli Putra Desa Pangkalan Balai dalam meraih prestasi olahraga voli teraebut.

“Regu Voli Putri Desa Pangkalan Balai raih juara 2, sementara regu putranya kandas di perdelapan final sebelum masuk 4 besar. Alhamdulillah, semangat sportivitas olahraga khususnya voli,  dilingkungan masyarakat Desa Pangkalan Balai ini, ” tuturnya lagi. ****(ADV/eko)

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.