Kami sampaikan kabar untuk anda

Pemilu 2019 Bukan Pemilu Aspirasi Tapi Pemilu Uang

“TPF Harus Bisa Bongkar Politik Uang”

 Maraknya temuan dugaan kecurangan pada Pemilu serentak 2019 menimbulkan wacana pembentukan tim pencari fakta (TPF) kecurangan Pemilu.

TPF kecurangan pemilu mesti segera dibentuk mengingat urgensi pembentukan tim tersebut sangat diperlukan masyarakat untuk meningkatkan kualitas Pemilu.

Hal itu diungkapkan politisi PAN M. Yasin Kara usai menjadi narasumber diskusi publik bertajuk “Setelah Pemilu Serentak” di kawasan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (27/4).

“Perlu, sangat perlu sekali (TPF kecurangan Pemilu). Ini kan persoalan kualitas Pemilu. Pemilu yang bener kan rakyat memilih wakilnya untuk betul-betul menjadi wakilnya,” ujar Yasin.

Dia mengatakan, indikasi kecurangan yang terjadi di Pemilu tahun ini dinilai sangat masif dan sistematis. Terlebih, praktik kotor seperti politik uang yang sangat vulgar.

“Kecurangan paling besar Pemilu 2019 adalah money politic. Jadi menurut saya itu yang paling buruk dari Pemilu ini. Karena kenapa? Ya kuat-kuatannya di uang. Jadi, ini bukan Pemilu aspirasi ini pemilu uang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yasin menilai produk kualitas Pemilu yang menurun ini nantinya tidak heran apabila menghasilkan produk kepemimpinan yang nirkualitas juga.

“Nah, ini kan yang terjadi saat ini, orang-orang bukan karena kualitasnya tapi karena uangnya mampu menjadi pemenang,” tutupnya.

Pembicara lain diskusi publik “Setelah Pemilu Serentak” ada Djohermansyah Djohan (Kepala Biro Humas KPU 1999), Ferry Kurnia Rizkiansyah (Komisioner KPU 2012-2017), dan Andy Budiman (Calon Anggota Legislatif PSI). [rmol]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.