Kami sampaikan kabar untuk anda

Klaim Pemenang Perebutan Kursi DPRD Ramai diperdebatkan, Caleg “Jantungan”

Ilustrasi/Net

Tembilahan, detikriau.org – Meski proses penghitungan manual hasil perolehan suara pemilu 2019 oleh KPU saat ini masih ditingkat Kecamatan, prediksi pemenang perebutan “kursi panas” sudah ramai menjadi perbincangan masyarakat.

Hari ini nama sejumlah calon dikabarkan menang, esok harinya nama tersebut kembali hilang.

Kondisi saat ini dinilai menjadi tahapan tekanan psikologis paling tinggi bagi seluruh Calon Anggota Legislatif yang ikut bertanding.

Untuk DPRD Kabupaten Indragiri Hilir misalnya, semula kursi terakhir DPRD dari Dapil 1 (Tembilahan dan Tembilahan Hulu) disebutkan berhasil direbut Caleg dari Partai Nasional Demokarat, Zulbahri. Namun hanya berselang satu hari, nama itu disebutkan tersingkir dan digantikan oleh Caleg dari Partai Golkar, Alwi.

Demikian pula untuk perebutan kursi DPRD Provinsi Dapil Inhil.

Sejumlah sumber memposting nama Sulastri (GOLKAR), Dani Nursalam (PKB), Agus Triansyah (DEMOKRAT), Suhaidi (GERINDRA), Andi Darma Taufik (PDI-P), Arpah  (PPP), Sulaiman (PAN), dan Alimudin (PKS) berhasil menjadi wakil Inhil

Namun sumber lainnya mengurutkan nama-nama Caleg wakil Inhil di DPRD Provinsi Riau adalah Dani Nursalam (PKB), Septina (Golkar), Sulastri (Golkar), Agus Triansyah (DEMOKRAT), Suhaidi (GERINDRA), James Pasaribu (PDIP), Arpah  (PPP), dan Musafak (PAN).

“Masa penghitungan suara seperti saat ini menjadi tekanan psikologis paling tinggi bagi caleg. Ini saat penentu buah kerja keras selama masa kampanye yang melelahkan. Apalagi biaya yang dikeluarkan setiap caleg tentunya tidaklah sedikit.” Ujar salah seorang warga Tembilahan Indra, Selasa.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil, Herdian Asmi memastikan KPU Inhil belum mengeluarkan hasil perhitungan suara Pemilu 2019.

Sesuai jadwal, hingga tanggal 4 Mei 2019, proses penghitungan rekapitulasi suara masih berlangsung ditingkat Kecamatan.

“Kita masih melakukan rekapitulasi manual ditingkat Kecamatan. Setelah selesai baru kita jadwalkan untuk kemudian dilakukan ditingkat Kabupaten,” Ujarnya kepada detikriau.org melalui sambungan telepon, Senin kemaren

Menurut Herdian, beredarnya prediksi pemenang Pemilu 2019 ditengah masyarakat tidak ada hubungannya dengan KPU.

“Yang jelas KPU inhil sampai hari ini secara resmi belum mengeluarkan hasil perhitungan suara. Itu pastinya hanya sebatas prediksi  hasil perhitungan orang-perorangan. Kita tidak pernah dikomfirmasi,” Tegaskan Herdian./Am/red

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.