Kami sampaikan kabar untuk anda

Cegah Simpang Siur, Hasto Minta KPU Publikasikan Form C1

JAKARTA — Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mempublikasikan form C1. Menurutnya, hal itu bakal menghindari kesimpangsiuran.

Selain itu, publikasi form C1 yang merupakan hasil pemilu serentak 2019 bakal mencegah saling klaim kemenangan antarkubu.

“Guna menghindari kesimpangsiuran, rekomendasikan KPU untuk secepatnya unggah dokumen C1 pada publik. Guna hindari klaim sepihak dan provokasi,” katanya pada wartawan di Jakarta, Ahad (21/4).

Sekjen PDIP itu menilai publikasi C1 menjadi bukti keterbukaan KPU. Dengan begitu, masyarakat dapat berperan aktif mengawal jalannya pemilu dengan data valid tanpa termakan hoaks. “Form C1 harus diketahui publik jadi unsur transparansi pemilu dapat dilakukan,” ujarnya.

Di sisi lain, Hasto turut menanggapi isu upaya pemalsuan form C1. Ia menekankan tindakan tersebut sudah sepatutnya diganjar hukuman penjara.

“Itu tindak pidana pemilu, kejahatan demokrasi. TKN berpendapat hukum tak bisa mentolerir itu apa pun kepentingan politiknya karena C1 sebuah instrumen paling utama atas suara rakyat. TKN rekomendasikan C1 segera diunggah lalu diawasi Bawaslu biar tidak ada ruang mengganggu,” ucapnya.[jpnn]

editor: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.