Kami sampaikan kabar untuk anda

Bawaslu Inhil Awasi Rekapitulasi Tingkat PPK dan Lakukan Input Data C1 Plano

Ketua Bawaslu Inhil. Muhammad Dong

Tembilahan, detikriau.org – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir memastikan akan mengawal dan menjamin hak suara pemilih yang sudah diberikan pada pelaksanaan Pilpres dan Pemilu legislatif yang telah dilaksanakan pada rabu (17/4) terhindar dari berbagai potensi kecurangan.

Untuk itu, sejak tanggal 18/4/2019 hingga 4/5/2019, fokus pengawasan dilakukan pada pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan ditingkat PPK.

Menurut Ketua Bawaslu Inhil, Muhammad Dong, dari informasi yang diterimanya, semalam (kamis 18/4/2019) rekapitulasi suara tingkat PPK sudah dilakukan di Kecamatan Pulau Burung, dan hari ini juga berlangsung dibeberapa Kecamatan lainnya.

“Jadi Panwascam melakukan pengawasan melekat pada pelaksanaan rekapitulasi diitngkat PPK. Itu yang pertama yang kami lakukan untuk menghindari potensi kecurangan,” Ujar M Dong kepada detikriau.org di Tembilahan, jum’at (19/4)

Disamping upaya itu, ditambahkan M Dong, pihaknya saat ini juga sedang melaksankan input data se Kab Inhil dari Seluruh Kecamatan.

Input data ini nantinya menurut mantan komisioner KPU Inhil ini akan menjadi bahan Bawaslu Inhil untuk pelaksanaan rekapitulasi ditingkat Kabupaten.

“Sehingga nanti kami punya data pembanding untuk ditingkat Kabupaten,” katanya sembari juga mengatakan bahwa hasil input data itu juga sudah diminta secepatnya oleh pihak Bawaslu Provinsi yang kemudian dilaporkan ke Bawaslu RI.

Untuk memudahkan pelaksanaan input data, Bawaslu Inhil juga menurutnya telah memanggil 1 orang Panwascan dan 2 orang Staff dari masing-masing Kecamatan yang prosesnya saat ini dilakukan Bawaslu di Hotel Harmoni Tembilahan.

Data input yang dilakukan saat ini menurut M Dong adalah data dari C1 Plano.

“Data utama tentu c1 plano. Kalau salinan c1, itu bisa saja ketua kpps salah menulis, salah mencatat, salah menjumlah dan lain sebagainya,” Kata M Dong lagi

“Salinan c1 yang diserahkan ke saksi di TPS  tentu juga diserahkan ke ptps. Itu yang ada sama panwascam saat ini.  Bisa saja ada kesalah. Itu yang kami teliti apakah ada beda C1 Plano yang kami rekap ini dengan salinan c1 yg dikumpulkan ptps kami,” Perjelas M Dong.

M Dong mengakui, saat ini memang ada beberapa data yang ditemui terjadi perbedaan.

“Ini yang sedang kami luruskan. Berapa jumlah pastinya belum saya kontrol. Tapi saya akui ada beberapa perbedaan data.” Dipastikannya.

M Dong meyakini potensi terjadinya kecurangan pada pelaksanaan rekapitulasi ditingkat PPK sangat minim.

“karena di tingkat PPK kan hanya sekedar merekap, kecuali ada salah jumlah dan sebagainya. Itu yang kami kawal dengan kegiatan ini,” Ujarnya berusaha meyakinkan prosedur ketat pengawasan yang dilakukan.

“Kami pastikan akan mengawasi suara pemilih itu jangan sampai ada kesalahan. Misalnya salah menjumlahkan ataupun juga adanya usaha untuk mengeser-gesernya. Jelasnya mengakhiri./ *

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.