Kami sampaikan kabar untuk anda

Masuki Masa Tenang, Awas! Bawaslu Inhil Patroli Politik Uang

“Selain berdampak pidana, politik uang juga meracuni kualitas proses pemilu”

Ketua Bawaslu Inhil, M Dong.

Tembilahan, detikriau.org – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir, M Dong mengingatkan bahwa terhitung mulai hari ini, sabtu (13/4/2019) pukul 24.00 Wib, masa kampanye Pemilu 2019 berakhir.

Memasuki masa tenang, seluruh kegiatan kampanye tidak lagi dibenarkan, termasuk pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) maupun penyebarluasan bahan kampanye.

“Besok sudah memasuki masa tenang. Artinya sudah tidak dibenarkan lagi untuk berkampanye, memasang APK maupun penyebarluasan bahan kampanye,” Ujar M Dong kepada detikriau.org ditemui dikantor Bawaslu Inhil jalan Trimas Tembilahan, sabtu (13/4)

M Dong mengaku bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Inhil.

Malam nanti sekira pukul 23.00 Wib akan dilakukan apel bersama dan pelepasan tim untuk melakukan pembersihan dan penertiban.

Tidak hanya melakukan pembersihan dan penertiban APK, selama masa tenang, M Dong menyebutkan yang menjadi fokus perhatian Bawaslu adalah masalah politik uang.

“Sesuai instruksi Bawaslu pusat,  Kami akan melakukan patroli pengawasan di masa tenang yang salah satu fokus untuk mencegah terjadinya politik uang,”.” Ditambahkan M Dong

Bawaslu Inhil menurutnya sudah menginstruksikan kepada anggotanya diseluruh Kecamatan dan Desa , bahkan sampai ke petugas TPS untuk bersama-sama melakukan patroli.

Ia berharap patroli memunculkan psikologi publik agar tidak mau menerima dan memberi atas dasar menyuruh orang memilih seorang calon karena dampaknya pidana.

Selain ancaman pidana, politik uang yang memiliki kerawanan tinggi di Tanah Air meracuni kualitas proses pemilu.

“Secara serentak kami meminta jajaran melakukan patroli pengawasan salah satu fokus menolak dan melawan politik uang yang biasanya dipetakan mempunyai titik rawan tinggi di saat masa tenang,”Akhiri M Dong. [Am]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.