Kami sampaikan kabar untuk anda

SMRC: Jika Pilpres Diadakan Awal April, Jokowi Ma’ruf Dipastikan Unggul Atas Prabowo-Sandi

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berorasi saat kampanye terbuka di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).
Foto: Antara/Wahyu Putro A

JAKARTA — Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terakhir yang dilakukan dua pekan sebelum hari pencoblosan. Hingga awal April 2019, capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan angka 56,8 persen atas capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga yang hanya memperoleh 37 persen. Adapun yang tidak tahu/rahasia mencapai 6,3 persen.

“Bila pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 diadakan pada awal April, pasangan Jokowi-Ma’ruf dipastikan unggul atas Prabowo,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Jumat (12/4) melansir melalui republika.co.id.

Deni menjelaskan, SMRC juga melakukan pengukuran dengan empat metode. Di antaranya langsung tanpa prediksi undecided, langsung dengan prediksi undecided, tidak langsung bipolar, dan tidak langsung unipolar. Dari ketiga pengukuran tersebut hasilnya diketahui konsisten.

“Pada waktu survei diadakan, elektabilitas Jokowi-Amin paling rendah dapat 54,5 persen, dan paling tinggi dapat 60,5 persen. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi paling tinggi 44,3 persen,” ujarnya.

Deni mengungkapkan ada sejumlah faktor yang menentukan naik turunnya elektabilitas seorang kandidat. Salah satu faktornya adalah kinerja presiden.

“Sebanyak 71 persen masyarakat  puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Tingkat kepuasan pada kinerja Jokowi ini sama dengan Februari 2019 lalu 71 persen,” jelasnya.

Untuk diketahui survei dilakukan 5-8 April 2019. Metode yang dipakai adalah multistage random sampling dengan melibatkan 2568 responden dengan margin of error rata-rata 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

editor: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.