Kami sampaikan kabar untuk anda

Elektabilitas Prabowo 63%, BPN: Survei UKRI Bisa Dipertanggungjawabkan

Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta – Lapitek UKRI merilis survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019. Hasilnya Prabowo-Sandi 63 persen dan Jokowi-Ma’ruf 37 persen. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berharap hasil survei tersebut akan sama dengan kenyataan di lapangan.

“Saya nggak tahu persis metodenya, tapi tidak sama persis dengan survei internal kita seperti hasil launching UKRI. Tapi itu bisa dipertanggungjawabakan. Saya rasa, saya optimis hasilnya akan mirip dengan hasil survei kami,” kata juru bicara BPN Andre Rosiade kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Andre mengatakan survei internal dari BPN menunjukkan pihaknya unggul atas pasangan Jokowi-Ma’ruf. Dia meyakini hasil survei tersebut benar karena dibuktikan dengan antusiasme masyarakat dalam kampanye Prabowo-Sandi.

“Di BPN tidak setebal di UKRI, kita sudah melewati angka margin error sekitar 4 persen sudah melewati UKRI. Terpotret dengan realita di lapangan, dilihat kampanye Pak Prabowo-Pak Jokowi, Bang Sandiaga-Pak Ma’ruf. Kita sudah melihat yang datang kampanye antusias sekali. Memang negara ini banyak mendukung Pak Jokowi, tapi rakyatnya mendukung Pak Prabowo,” jelasnya.

Sebelumnya, Lembaga Afiliasi Penelitian dan Teknologi (Lapitek) UKRI merilis survei terkait elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Hasilnya elektabilitas pasangan 02 unggul dari pasangan 01 dengan selisih mencapai 26 persen.

Survei yang dilakukan lembaga internal dari UKRI dilakukan pada periode 1-9 April 2019, dengan menggunakan metode random sampling. Jumlah responden dalam survei tersebut sebanyak 10.252 orang yang tersebar di sejumlah daerah.

Untuk margin of error dalam survei yang dirilis itu sebesar 2,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95,5 persen. Hasilnya memperlihatkan pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dengan tingkat elektabilitas 63 persen. Sementara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih 37 persen.

Di situs resminya, tercantum Prabowo Subianto adalah Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Republik Indonesia. Di situsnya juga tertulis: ‘Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, dibangun dari sebuah cita-cita luhur keluarga besar Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik’.[detikcom]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.