Kami sampaikan kabar untuk anda

Polres Inhil Gelar Simulasi Sispam Kota dan Pengamanan Pemilu 2019

Tembilahan, detikriau.org – Polres Inhil gelar kegiatan Peragaan Simulasi Sispam Kota Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Legislatif Serta Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019 bertempat di jalan Gadjah Mada Tembilahan, sabtu (6/4)

Turut hadir pada kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Inhil AKBP Christian Rony Putra SIK MH ini, Bupati Inhil diwakili oleh Plh Asisten III Setda Kab, RM. SUDINOTO, S.Sos, Dandim 0314/Inhil diwakili oleh Kasdim, MAYOR INF. UNTUNG KUSMANTO, Kajari Tembilahan diwakili oleh JF. Pidum, JUNIARTI, SH, Dansub Den Pom I/3-2 Tembilahan, KAPTEN CPM. MAIHENDRI, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, diwakili oleh Sekretaris H. ISMED AHYANI, S.Sos, MM, Ketua KPUD Kab. Inhil HERDIAN AZMI, SH, M.H beserta komisioner, Ketua Bawaslu Kab. Inhil, Sdr. M. DONG. SPbeserta komisioner, Waka Polres Inhil, KOMPOL RUSDEL FIRDAUS, SH, Tokoh masyarakat, sejumlah Perwira dan Bintara Polres dan Kodim Inhil, Satpol PP dan Damkar.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, dilaksanakan beberapa fase kegiatan yang antara lain berupa apel gabungan seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan, sekaligus memberikan arahan tentang apa saja yang akan dilakukan.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dari Patroli gabungan Personil TNI, POLRI dan SATPOL PP Kab. Inhil yang dilakukan secara mobile selama masa pemungutan suara, penghitungan suara sampai dengan masa rekapitulasi penghitungan suara yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi Pengamanan Kantor KPUD Kab. Inhil yang dilaksanakan oleh Perwira Pengendali, dikarenakan adanya beberapa simpatisan pendukung yang merasa dirugikan dalam hasil perhitungan suara saat itu, dengan melakukan negosiator.

Setelah negosiator dianggap tidak berhasil, maka Padal Pam kantor KPUD Kab. Inhil segera melaporkan hal tersebut kepada Kabag Ops Polres Inhil guna memohon bantuan. Sebagai tindak lanjut, Kabag Ops memerintahkan Kasat Sabhara untuk mempersiapkan Pasukan Dalmas Awal dan Kompi Kerangka melakukan pengamanan dikantor KPUD.

Dikarenakan situasi yang semakin memanas dan mulai tidak terkendali, maka Kabag Ops melaporkan hal tersebut kepada Kapolres Inhil dan selanjutnya Kapolres Inhil menghubungi Dandim 0314/Inhil untuk meminta bantuan pengamanan TNI.

Dengan bertambah banyaknya massa dan mulai melakukan dorongan kepada petugas, akhir Kasat Sabhara memerintahkan Peleton Dalmas Lanjut untuk melaksanakan Lapis Ganti dengan Peleton Dalmas Awal dan ditambah dengan 1 unit Water Canon yang bertujuan untuk mencerai berai konsentrasi massa dengan berdasarkan Peraturan Kapolri No. 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

Upaya mencerai berai konsentrasi massa masih belum berhasil dan semakin memicu kemarahan massa pengunjuk rasa, sehingga diturunkan kembali 1 regu Unit Dalmas Pengurai massa dengan menggunakan sepeda motor Trail yang bersenjatakan Gas Air Mata, dengan berpedoman pada Peraturan Kabaharkam Polri Nomor 1 Tahun 2012 tentang Peleton Pengurai Massa, akhirnya dilakukan penembakan Gas Air Mata sebagai upaya tindakan tegas dan terukur, sehingga situasi dapat dikendalikan dan massa simpatisan dapat membubarkan diri dengan tertib.

Dalam amarannya, Kapolres Inhil menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh personil dari berbagai unsur yang telah melaksanakan kegiatan dan kegiatan simulasi ini dinyatakan sukses oleh pimpinan.

“Terkait pelaksanaan pendistribusian logistik Pemilu, Pimpinan mengharapkan kepada seluruh Anggota agar dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai terjadi pelanggaran saat pelaksanaan giat tersebut,” pesan Kapolres mengakhiri./Am

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.