Kami sampaikan kabar untuk anda

Kwik Kian Gie: Pak Prabowo Benar, Kita Sudah Tidak Berdaulat!

Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin), Kwik Kian Gie mengamati hingga sekarang tidak ada presiden Indonesia, kecuali Soekarno dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang berani mengoreksi asing jika menyangkut kedaulatan.

“Tidak berani perang, ini dadaku, tidak, tidak ada presiden yang berani bicara, berargumentasi, berbantahan saja tidak berani. Ada apa?” kata Kwik dalam dialog di sebuah stasiun televisi, Rabu malam (3/4).

Kwik pun menceritakan pengalaman dulu ketika ‘berdebat’ dengan perusahaan tambang Exxon Mobil yang ingin memperpanjang kontrak minyak dan gas blok Cepu di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tengah. Namun ditolaknya.

“Saya tidak mau, saya dikeroyok oleh stafnya Exxon Mobil diwakili Vice President yang terbang dari Houston, semua staf Indonesia, semua keroyok saya dengan argumentasi yang tidak masuk akal. Something wrong, memang betul kedaulatan kita dirongrong. Kita tidak punya kedaulatan,” ucap Kwik.

Cerita lain Kwik mengenai laporan Panglima TNI, Endriartono Sutarto kepada Presiden Megawati Soekarnoputri dalam sidang kabinet bahwa ada dua pesawat Amerika Serikat, F-18 yang memasuki wilayah udara kedaulatan NKRI.

Keberadaan dua pesawat asing itu bahkan tidak tertangkap radar militer Indonesia.

“Mandala Airlines mengenali ada dua pesawt F-18 di udara, pemerintah tidak tahu, radar tidak tahu, dia yang melaporkan ke Angkatan Udara. Naik cuma satu F-16 karena lain diembargo,” kisah Kwik.

Dua pesawat F-18 milik AS sempat bermanuver di angkasa seolah mengajak perang.

“Senjatanya mulai keluar. Indonesia selamat datang, kami memberitahu Anda memasuki wilayah kami tanpa izin. Kami mengawal kapal perang. Ini kenyataan sudah tidak berdaulat, Pak Prabowo itu betul,” tandasnya.

sumber: rmol.co

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.