Kami sampaikan kabar untuk anda

Serangan Fajar Marak Karena Parpol Biarkan Caleg Menghalalkan Segala Cara

detikriau.org – Belum hilangnya praktik bagi-bagi uang untuk meraup suara alias serangan fajar disebabkan banyak faktor, salah satunya partai politik yang sengaja membiarkan calegnya menghalalkan segala cara.

Begitu pandangan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Angraeni usia diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

“Harusnya kan partai politik tidak membiarkan para Calegnya melakukan apapun strategi kampanye, termasuk cara ilegal yang jahat,” kata Titi.

Selain itu, tambah Titi, sistem kaderisasi Parpol yang berbasis ideologi tidak mengakar sehingga dikalahkan dengan orientasi pada kekuasaan. Ditambah pragmatisme dan oportunisme politik yang menempatkan kursi parlemen sebagai motivasi kekuasaan.

“Itu yang kemuidan jadi faktor mengapa serangan fajar dan politik uang menjadi pilihan,” ujarnya.

Dengan demikian, untuk menekan ataupun menghilangkan praktik money politicdiperlukan adanya pembenahan secara holistik dengan melakukan reformasi sistem kepartaian.

Salah satu yang ia tekankan adalah melakukan rekrutmen berbasis kaderisasai dan mekanisme demokratis yang diterapkan di internal partai. Hal itu bmakin baik dengan ditopang penegakan hukum yang optimal, dan pendidikan politik kepada warga.

sumber: rmol.co

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.