Kami sampaikan kabar untuk anda

Polisi Diduga Turun ke Daerah Mendata Dukungan Capres

“Haris menegaskan, dalam waktu dekat, Kontras akan menjadi pihak yang mempublikasikan data itu kepada publik”

detikriau.org – Kepolisian Resor dan Sektor di banyak daerah di Indonesia, disebut melakukan pemetaan dukungan masyarakat  terhadap setiap kandidat di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru Haris Azhar sebagaimana dilansir melalui viva.co.id, Selasa, 26 Maret 2019. Haris mengaku memiliki bukti pemetaan dukungan yang dilakukan polisi, berupa dokumen dalam format Microsoft Excel.

“Di beberapa tempat itu ada polisi melakukan pemetaan, misalnya di tingkatan desa, siapa (masyarakat) lawan siapa. Jadi mereka punya data konkret, jumlah orang yang mendukung (paslon) 01, 02 itu berapa,” ujar Haris saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh VIVApada Selasa, 26 Maret 2019.
Menurut Haris, berkas Excel yang ia miliki berupa ‘template’ atau format input data yang sama, yang bisa digunakan untuk melakukan banyak pendataan. Hal itu mengindikasikan bahwa pemetaan dukungan masyarakat terhadap masing-masing paslon terjadi di banyak daerah.
“Saya tidak bisa bilang kalau itu terjadi di seluruh Indonesia. Tapi itu terjadi di level polres, polsek. Mereka yang melakukan pendataan itu,” ujar Haris.

Mantan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) ini tidak mau mengungkap asal dari berkas yang ia miliki. “Sementara saya belum bisa ungkapkan, tapi data saya autentik, valid,” ujar Haris.

Haris menegaskan, dalam waktu dekat, Kontras akan menjadi pihak yang memublikasikan data itu kepada publik. “Karena itu patut dipertanyakan, tujuannya apa polisi melakukan itu?” ujar Haris.

editor: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.