Kami sampaikan kabar untuk anda

TNI: Mobil Berpelat TNI yang Dipakai Acara Prabowo Milik Purnawirawan

Foto: Jumpa pers soal video viral mobil berpelat dinas TNI angkut logistik di acara Prabowo-Sandi (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Jakarta – TNI menyelidiki mobil berpelat dinas TNI yang mengangkut logistik acara relawan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa pemilik mobil tersebut merupakan purnawirawan TNI.

“Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini,” kata Kabidpenum Puspen TNI Letkol Inf Abidin Tobba dalam keterangan tertulis sebagaimana dilansir melalui detikcom, Sabtu (23/3/2019).

Abidin menjelaskan pemilik mobil berpelat dinas TNI itu berinisial RAT. Saat pensiun, RAT tidak mengembalikan pelat mobil dinas TNI yang digunakannya semasa aktif.

“Diketahui bahwa pemilik mobil Pajero berpelat nomor dinas TNI 3005-00 adalah seorang Purnawirawan TNI, pensiun tahun 2001, berinisial RAT,” jelas Abidin.

“Pada saat pensiun, yang bersangkutan mengembalikan mobil dinas, namun pelat nomor dinasnya tetap dipegang yang bersangkutan,” imbuhnya.

Abidin kemudian menceritakan kronologis mobil RAT bisa menggunakan pelat dinas TNI. Berawal ketika RAT memerintahkan sopirnya membeli nasi bungkus untuk dikirim ke Gor Pajajaran Bogor.

“Awalnya mobil tersebut berangkat dengan menggunakan nomor registrasi sipil. Namun karena macet, sopirnya (L) berinisiatif mengganti dengan pelat nomor dinas menuju Gedung Pajajaran Bogor,” jelasnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan tersebut, POM TNI memutuskan untuk menyita pelat mobil dinas TNI yang dipegang RAT.

“Atas dasar hasil pengembangan perkara tersebut, POM TNI melakukan penyitaan plat nomor dinas TNI 3005-00 yang tidak dilengkapi BNKB (STNK TNI),” terang Abidin.

Sebelumnya, video sebuah mobil berpelat dinas TNI mengangkut logistik di acara relawan paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit itu tampak satu unit mobil Mitsubishi Pajero membawa logistik.

Ada beberapa orang yang memindahkan logistik itu dari dalam mobil ke ruangan acara. Di lokasi tersebut terpasang sebuah spanduk bergambar Prabowo-Sandiaga dengan tulisan ‘Selamat Datang Para Relawan Se Bogor Raya Pada Dialog Kebangsaan’. Mobil jenis SUV itu tampak ada pelat dinas TNI berwarna oranye di bagian depan dan belakangnya.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.