Kami sampaikan kabar untuk anda

Pengamat: Dana Bansos Dan PKH Bisa Mobilisasi Calon Pemilih

Foto: Internet

Jakarta – Alokasi APBN Tahun 2019 yang dialirkan untuk dana Bantuan Sosial (Bansos) mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Terutama Program Keluarga Harapan (PKH) pemerintah Jokowi meningkat drastis mencapai Rp 100 Triliun. Alokasi dana dengan sebesar itu disiapkan di detik-detik jelang Pilpres.

Demikian disampaikan Pengamat Ekonomi Politik Salamudin Daeng disela-sela diskusi publik bertajuk “Penyalahgunaan Anggaran Dalam Kampanye” di Kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3).

“Program PKH dan lain-lain itu bersumber dari APBN. Tapi jumlahnya meningkat signifikan 100 Triliun lebih pada APBN 2019,” ungkap Daeng.

Daeng juga mengungkapkan, besaran dana Bansos tahun 2019 mencapai angka cukup fantastis dan berpotensi memobilisasi masyarakat. Sebab, bantuan tersebut dicairkan menjelang Pemilu 2019.

“Dana Bansos 380 T lebih itu untuk 100jt orang. Kalo dibagi rata satu orang bisa dapat 3,5jt. Nah itu berpotensi untuk memobilisasi para calon pemilih,” ungkap Daeng.

Lebih lanjut, Pengamat Jebolan Universitas Bung Karno (UBK) ini meminta semua pihak untuk mengawasi dana Bansos yang menyisir masyarakat secara langsung.

“Dana Bansos itu poin paling pentingnya harus diawasi. Karena itu langsung sifatnya. Dibagikan kepada 40 persen masyarakat miskin di Bansos,” kata Daeng.

sumber: rmol.co

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.