Kami sampaikan kabar untuk anda

Jokowi Anggap Tak Realistis Target 80 Persen Suara di Yogyakarta

yogyakarta — Calon presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Alumni Jogja untuk Satukan Indonesia di Stadion Kridosono, Kotabaru, Kota Yogyakarta, pada Sabtu 23 Maret 2019. Massa mengikrarkan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Di depan puluhan ribu pendukungnya yang memadati Stadion Kridosono, Jokowi menargetkan perolehan suara di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 70 persen dalam Pemilu Presiden 2019.

Jokowi mula-mula menanyai massa dan para relawan tentang kesanggupan mereka memenuhi target perolehan suara di DI Yogyakarta. “Dapat berapa persen?”

Massa serempak menjawab, “Delapan puluh persen!”

Namun Jokowi rupanya menganggap target itu terlalu tinggi. Dia mencandai para hadirin tentang target muluk-muluk itu, “Awas kalau enggak dapat.”

Berdasarkan perhitungan Jokowi, target yang lebih masuk akal atau realistis ialah 70 persen. Angka itu mengacu pada perolehan suara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada pemilu 2014 yang sebesar 56 persen di DI Yogyakarta.

“Saya tidak ingin memberikan target gede-gede. Catatan saya tahun 2014, di Jogja itu kita hanya dapat 56 persen. Tapi kita ingin di 2019 kita harus dapat di atas 70 persen. Sanggup?” papar Jokowi.

“Sanggup,” balas para pendukung Jokowi.

Jokowi menganggap angka 70 persen yang ditargetkannya adalah angka yang realistis. Tetapi untuk meraihnya jelas membutuhkan kerja keras.

“Saya kalau memberi angka itu realistis. Lewat kalkulasi perhitungan. Ini memerlukan kerja keras. Tinggal 24 hari lagi marilah kita mengajak saudara kita sekampung di Jogja untuk datang ke TPS 17 April yang akan datang. Siap? tantang Jokowi.

“Siap,” ujar peserta Alumni Jogja Satukan Indonesia.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.