Kami sampaikan kabar untuk anda

Hoax Romi: Ketum Partai Dengan Jamaah Terbanyak Di Medsos

Jakarta – Tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Romahurmuziy menyebar hoax. Pengakuan Romi bahwa dirinya bos partai politik dengan follower terbesar di medsos tak sesuai kenyataan.

Kemarin Romi menjalani pemeriksaan penyidik KPK. Bualan dilontarkan Romi yang berstatus tersangka jual beli jabatan di Kementerian Agama, saat hendak masuk gedung KPK. Romi mengaku paling dicari (most wanted) karena dirinya ketua umum parpol dengan pengikut terbesar di medsos. Kenapa Romi disebut menyebar hoax?

“Untuk pengikut di twitter, Romahurmuziy berada pada peringkat kesembilan dengan 51 ribu pengikut,” kata Direktur Eksekutif Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi), Hariqo Wibawa Satria, dalam keterangannya, Sabtu (23/3)

Hariqo merinci peringkat delapan teratas ketum parpol dengan jamaah terbanyak di Twitter di atas Romi. Data dia dihimpun per 22 Maret 2019 pukul 21.00 WIB. Posisi pertama ditempati Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Akun @SBYudhoyono diikuti 10 juta. Posisi kedua Ketum Gerindar Prabowo Subianto dengan 3,71 juta pengikut kemudian disusul Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra yang akun twitternya @Yusrilihza_Mhd, diikuti 2,05 juta pengikut.

Pengkuti Romi di twitterland juga masih kalah dari Ketum Perindeo Hary Tanoesoedibjo dengan 586 ribu pengikut, Ketum PSI Grace Natalie yang memiliki 528 ribu pengikut, Ketum PAN Zulkifli Hasan dengan 184 ribu pengikut, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan 145 ribu pengikut, dan Ketum PKS Sohibul Iman dengan 60,4 ribu pengikut.

Hariqoh mengatakan pengikut Romi di FB juga tidak banyak. laman Ir. H M Romahurmuziy, MT hanya disukai 1.622 orang dan diikuti 1.620 orang. Bagaimana dengan aktivitas Romi di instagram?

“Akun instagramnya @romahurmuziy entah kenapa dihapus,” imbuh dia.

Dari sisi popularitas, Romi juga bukan ketum parpol yang paling populer. Awal bulan Maret 2019, Komunikonten melakukan penelusuran di Google Trends periode 1 Januari 2019-28 Februari 2019, nama Romi justru berada pada peringkat 11 dari 16 ketum parpol tingkat nasional.

sumber: rmol.co

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.