Kami sampaikan kabar untuk anda

Mengetahui Praktik Politik Uang?, Begini Prosedur Pelaporannya

Komisioner Bawaslu Inhil, Andang Yudiantoro

Detikriau.org – Masa kampanye Pemilu 2019 sudah dimulai sejak Minggu (23/9/2018) yang lalu. Masyarakat pun diminta proaktif jika menemukan pelanggaran kampanye, salah satunya politik uang yang dilakukan peserta Pemilu.

Lantas, bagaimana prosedur bagi masyarakat untuk melaporkannya?

Komisioner Bawaslu Inhil Andang Yudiantoro mengatakan, masyarakat dapat melapor pada panitia pengawas pemilu (panwaslu) terdekat.

“Bagi masyarakat yang melaporkan silakan melaporkan sesuai dengan delik lokus-nya. Artinya, kalau kejadiannya di tingkat kelurahan ya dia sampaikan laporan kepada panwas di level kelurahan,” kata Andang menjawab komfirmasi detikriau.org diruang kerjanya belum lama ini di Tembilahan

Andang menyampaikan, setiap orang boleh melaporkan pelanggaran kampanye pemilu yang ditemukannya sepanjang ia memenuhi syarat formil dan materiil.

Syarat formil yang dimaksud adalah status pelapor sebagai warga negara Indonesia, uraian kejadian yang terdiri atas lokasi kejadian, kronologi kejadian, dan sebagainya.

“Syarat materiilnya apa? Alat bukti. Alat bukti yang sah itu misalkan rekaman peristiwa, video, jadi bawa alat bukti untuk dilaporkan,” diterangkan Andang.

Ia juga menyampaikan, laporan yang diterima oleh panwaslu tingkat kelurahan dan kecamatan nantinya diteruskan ke Bawaslu tingkat tingkat kota/kabupaten untuk ditindaklanjuti.

“Karena di tingkat kelurahan dan kecamatan itu tidak ada tim gakkumdu (penegakkan hukum terpadu) maka ketika ada unsur dugaan pidana maka dalam 1×24 jam panwas segera meneruskan ke tingkat kabupaten/kota,” kata dia.

Adapun ketika berada di tingkat kabupaten/kota laporan akan diselidiki dalam 14 hari kerja untuk ditemukan unsur-unsur pelanggarannya atau tidak, akhirinya./fs

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.