Kami sampaikan kabar untuk anda

Terbukti Lakukan Politik Uang, Caleg Disanksi Pidana dan Diskualifikasi

Komisioner Bawaslu Inhil, Andang Yudiantoro

Tembilahan, detikriau.org – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir mengingatkan  bahwa calon anggota legislatif (caleg) yang terbukti melakukan politik uang diancam sanksi pidana dan diskualifikasi.

Menurut Komisioner Bawaslu Inhil, Andang Yudiantoro, saksi politik uang untuk mencari suara atau menjanjikan materi kepada masyarakat pemilih tertuang jelas dalam pasal 280 ayat 1 huruf j, dan sanksinya terdapat dalam pasal 523 ayat 1,2 dan 3 dengan hukuman kurungan penjara maksimal 4 tahun.

“dan jika perkara pelanggaran itu sudah mendapat keputusan inkrah dari pengadilan maka secara otomatis calon tersebut dapat didiskualifikasi atau pembatalan dari pencalonan, atau jika ia terpilih,” Sampaikan Andang menjawab komfirmasi detikriau.org di Tembilahan, selasa (19/3)

Dijelaskan Andang, saksi terberat itu tertuang dalam pasal 285 huruf a dan b serta sanksi pasal 521 Undang-undang no. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan umum.

“Dalam pasal 286, peserta pemilu juga mendapat sanksi yang sama jika menyogok penyelenggara pemilu sebagai pelaksana.”ditambahkannya

Oleh karena itu, mantan Ketua PWI Inhil ini mengajak untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak, baik untuk diri sendiri dan orang lain.

“lakukan kegiatan kampanye yang bermartabat, karena politik uang itu merusak.” Ditegaskannya mengakhiri./Am

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.