Kami sampaikan kabar untuk anda

Di OTT KPK, Romahurmuziy Merasa di Jebak

Romahurmuziy (Rommy). (Foto: Agung Pambudhy)

Jakarta – Rommahurmuziy (Rommy) punya pembelaan terhadap dugaan suap yang menjeratnya. Dia merasa dijebak.

“Saya merasa dijebak dengan sebuah tindakan yang tidak pernah saya duga, saya pikirkan, atau saya rencanakan. Bahkan firasatpun tidak. Itulah kenapa saya menerima sebuah permohonan silaturahmi di sebuah lobi hotel yang sangat terbuka dan semua tamu bisa melihatnya. Ternyata niat baik ini justru menjadi petaka,” kata Rommy dalam surat terbukanya yang dibagikan kepada wartawan di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019) sebagimana dilansir melalui detikcom.

Rommy juga mengatakan sudah dibuntuti oleh penyidik KPK dalam waktu satu bulan belakangan. Dia menyebut, kasus yang dialami sebagai risiko seorang jubir koalisi.

“Dengan adanya informasi pembuntutan saya selama beberapa pekan bahkan bulan, sebagaimana disampaikan penyelidik, maka inilah risiko menjadi juru bicara terdepan sebuah koalisi yang menginginkan Indonesia tetap dipimpin oleh paham nasionalisme-religius yang moderat,” sambungnya.

Dalam kasus ini, Romahurmuziy diduga menerima duit Rp 250 juta dari Haris Hasanuddin untuk posisi Kakanwil Kemenag Jatim pada 6 Februari 2019. Sedangkan Muafaq Wirahadi diduga menyetor duit Rp 50 juta untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Rommy meminta maaf kepada timses Jokowi-Ma’ruf Amin lantaran tersandung dugaan suap lelang jabatan di Kementerian Agama. Dia kembali menyebut bahwa penangkapannya merupakan risiko pribadi sebagai pemimpin.

“Kepada rekan-rekan TKN Jokowi-Amin dan masyarakat Indonesia saya mohon maaf atas kejadian menghebohkan yang tidak diinginkan ini. Inilah risiko pribadi saya sebagai pemimpin yang harus saya hadapi dengan langkah-langkah yang terukur dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Mohon doanya,” ujar Rommy.

Di partai, Rommy sudah diberhentikan dari jabatan ketum. Posisinya kini diisi oleh Ketua Majelis Pertimbangan PPP Suharso Monoarfa yang ditunjuk Plt Ketum.

KPK Bantah Jebak Romahurmuziy

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif,/ANTARA

Sementara itu dikutip melalui MediaIndonesia, KPK membantah telah menjebak Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Romi saat operasi tangkap tangan di Hotel Bumi Hyatt Surabaya, Jumat (15/3).

“Soal dijebak, ya menurut saya tidak ada sama sekali proses penjebakan itu. Proses penjebakan itu berarti kan ada orang KPK yang pura-pura menjebak beliau, itu tidak ada,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, saat jumpa pers, di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3).

KPK telah menetapkan tiga tersangka terkait suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI Tahun 2018-2019. Diduga sebagai penerima anggota DPR periode 2014-2019 Muhammad Romahurmuziy (RMY).

Sedangkan diduga sebagai pemberi, yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ), dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin (HRS).

“Pertemuan (di hotel) itu adalah semua antara teman-teman beliau sendiri. Jadi HRS, MFQ, sama RMY itu bertemu secara biasa, tetapi KPK bisa memantau berdasarkan laporan masyarakat yang disampaikan kepada KPK,” ujar Syarif.

Ia juga mengungkapkan bahwa Romi sempat tidak kooperatif saat akan ditemui oleh tim KPK di sekitar hotel tersebut. “Saya perlu menjelaskan bahwa tim KPK sebenarnya sudah sangat berhati-hati untuk menyampaikan melalui temannya bahwa beliau untuk tidak menimbulkan kegaduhan di ruangan tempat makan,” kata Syarif lagi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Romi saat itu diminta untuk keluar dan menemui tim KPK. “Dimintai keluar dari tempat itu, karena ingin bertemu tetapi memang beliau pergi ke tempat lain, bukannya datang menemui tetapi pergi. Itu juga salah satu bukti bahwa KPK tidak menjebak yang bersangkutan tetapi akhirnya bisa diikuti,” kata Syarif.

Editor: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.