Kami sampaikan kabar untuk anda

Pungutan Sumbangan Komite Sekolah Langgar Aturan, Disdik Riau Segera Keluarkan Surat Edaran

Foto: MCR

Pekanbaru, detikriau.org – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Rudyanto mengakui kalau sumbangan yang dikutip oleh Komite Sekolah selama ini melanggar ketentuan yang berlaku.

Dalam waktu dekat Disdik akan keluarkan Surat Edaran (SE) yang disebarkan pada seluruh sekolah tingkat SMK/SMA yang ada dalam ‘meluruskan’ persoalan ini.

“Masalah Komite ini sudah ada aturan atau payung hukumnya yaitu PP No 48 Tahun 2008 dan Permendikbud RI. Dimana peruntukan dana Komite digunakan selain yang sudah dianggarkan di dana BOS dan BOSDA. Dana yang sifatnya iuran tidak boleh digunakan untuk pembangunan fisik sekolah. Kalau pembangunan itu diperboleh dari dana sumbangan,” jelas Rudyanto, Kamis (14/93) usai hearing dengan Komisi V DPRD Riau.

Lebih jauh dijelasnya, selama ini pihak Komite Sekolah salah dalam penerapan aturan. Dana yang dikutip dari pihak wali murid itu adalah sumbangan, boleh untuk pembangunan. Yang tidak benar, pihak sekolah menetapkan besaran sumbanganya per siswa per bulannya. yang namanya sumbangan itu sukarela sesuai kemampuan.

“Jadi kita sudah duduk bersama dengan pihak hukum, untuk kejadian dana yang dikutip tahun 2019 ke bawah sudah lah.Tapi untuk 2019 ke atas tidak dibenarkan lagi. Inilah dalam waktu dekat akan kita buat Surat Edaran terkait masalah ini. Tidak dibenarkan lagi,” Tegaskan Rudyanto.

Ditambahkan, Komite sekolah dalam menetapkan sumbangan dihitung berdasar berapa besar dana yang dibutuhkan, kemudian dibagi dengan berapa banyaknya siswa. Sehingga ditetapkanlah jumlah besaran sumbangan per siswa yang harus dibayarkan.

“Seharusnya hal inikan tidak demikian, berapa uang yang didapat dari sumbangan sukarela. Kekurangannya pihak sekolah yang mencarikannya.” Akhiri Rudyanto.

Sumber: MCR    Editor: Mulyadi

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.