Kami sampaikan kabar untuk anda

Ma’ruf Minta Penangkapan Romi Tak Dikaitkan Pilpres

Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Jakarta — Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta publik tidak mengaitkan operasi tangkap tangan KPKterhadap Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy alias Romidengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurutnya, OTT terhadap Romi merupakan persoalan pribadi.

“Jangan sampai ini dikait-kait, itu soal pribadi tidak ada hubungan dengan Pilpres,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jakarta, Jumat (15/3).

Meski soal pribadi, Ma’ruf meminta semua pihak untuk mengedepankan asas praduga tidak bersalah yang merupakan prinsip dasar dalam dunia hukum.

Lebih lanjut, Ma’ruf menyampaikan penangkapan Romi membuktikan Jokowi yang juga calon petahana tidak mengintervensi hukum. Ia menyebut Jokowi mendukung upaya penegakan hukum.

“Kalau penegakan hukum kan sudah jelas, perintah Pak Jokowi kan mendukung upaya penegakan hukum dan tidak mau mengintervensi,” ujarnya.

Ketika disinggung soal dampak kepercayaan publik terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf usai Romi ditangkap, ia kembali meminta kasus Romi tidak dikaitkan dengan Pilpres.

“Masyarakat harus bisa membedakan antara personal kemudian dan pilpres. Jangan pilpres dikait-kaitkan dengan pribadi,” ujar Ma’ruf.

Romi ditangkap petugas KPK di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (15/3) pukul 09.00 WIB. KPK menemukan sejumlah uang pecahan rupiah dalam operasi penangkapan itu. Ada lima orang yang diamankan petugas.

KPK belum memberikan keterangan secara rinci tentang kronologi penangkapan. KPK rencananya akan memberikan keterangan resmi kepada wartawan.

sumber: CNN Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.