Kami sampaikan kabar untuk anda

Kementrian Kominfo Imbau Masyarakat Tidak Sebarluaskan Aksi Penembakan Brutal di Selandia Baru

Salah satu Masjid dimana aksi penembakan terjadi./Foto: google/BBC Indonesia

Detikriau.org – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau agar warganet dan masyarakat tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentuk foto, gambar, atau video yang berkaitan dengan aksi kekerasan berupa penembakan brutal yang terjadi di Selandia Baru.

Kementerian Kominfo mendorong agar masyarakat memperhatikan dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi kekerasan, yaitu membuat ketakutan di masyarakat.

“Konten video yang mengandung aksi kekerasan merupakan konten yang melanggar Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.” Sampaikan Kemkominfo melalui Plt Kepala Biro Humas, Ferdinandus Setu dalam siaranpers

Menurutnya, Kementerian Kominfo terus melakukan pemantauan dan pencarian situs dan akun dengan menggunakan mesin AIS setiap dua jam sekali.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan Polri untuk menelusuri akun-akun yang menyebarkan konten negatif berupa aksi kekerasan.

“Kementerian Kominfo juga mendorong masyarakat untuk  melaporkan melalui aduankonten.id atau akun twitter @aduankonten, jika menemukenali keberadaan konten dalam situs atau media sosial mengenai aksi kekerasan atau penembakan brutal di Selandia Baru.” Pesannya.

Seperti diketahui, aksi penembakan brutal ini terjadi di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, usai sholat Jumat (15/3)

Sebanyak enam Warga Negara Indonesia berada dilokasi saat penembakan berlangsung.

Tiga WNI dipastikan selamat dan dua orang mengalami luka tembak, seorang ayah dan anak. sementara seorang lainnya masih belum diketahui keberadaannya.

Dikabarkan akibat aksi brutal ini menyebabkan 59 korban tewas dan 20 lainnya luka-luka.[faisal/*]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.