Kami sampaikan kabar untuk anda

Gubri Tertarik Kembangkan Kopi Liberika Di Tanah Gambut

PEKANBARU –  Gubernur Riau, Syamsuar tertarik untuk mengembangkan tanaman kopi di tanah gambut, khususnya jenis Kopi Liberika seperti yang ada di Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Sesuai arahan Menko Perekonomian, TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) harus diutamakan untuk tanaman produk komoditas yang bisa diekspor. Sementara TORA di Riau itu tanahnya macam-macam, ada gambut dan tanah merah. Kalau kami merancangnya di tanah gambut yang sudah di uji itu cocoknya ditanam Kopi Liberika,” kata Syamsuar di Pekanbaru, Senin kemaren

Menurutnya, tanaman kopi Liberika bisa menjadi salah satu komoditas unggulan yang bisa diekspor dari Riau. Apa lagi kopi jenis ini sudah banyak diekspor ke Malaysia.

“Di mana-mana, kopi itu sekarang lagi jadi ikon. Dari situ kita bisa mengambil peluang melalui Kopi Liberika yang ditanam di tanah gambut. Apa lagi kopi dari Pulau Rangsang itu sudah diekspor ke Malaysia,” ujarnya.

Ia pun mengusulkan supaya Balai Karantina Pertanian dapat membantu pengembangan Kopi Liberika tersebut.

“Saya juga ingin ada program pengembangan ini (Kopi Liberika,red). Bagaimanapun di Pemda semuanya tidak mampu membiayai bibit dan sebagainya, jadi supaya bisa dibantu. Semoga ini jadi usulan yang dapat dipertimbangkan,” tuturnya. [MCR]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.