Kami sampaikan kabar untuk anda

OPD Kumpulkan Zakat Hanya Rp 1 Juta. Gubri Sebut “Malu” Kalah Jauh Hanya Dengan Satu Kantor Camat dan Sekolah di Siak

Gubernur Riau, Syamsuar

Pekanbaru, detikriau.org – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyindir minimnya pengumpulan zakat dari salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Pengumpulan zakat yang hanya senilari Rp 1 juta itu menurut Gubri masih kecil dibandingkan hanya dengan satu kantor Camat di Kabupaten Siak.

“Ada satu dinas, zakat dari kantornya hanya Rp1 juta. Ini lawan kantor camat di Siak malu. Di kantor sekolah saja tidak ada yang menyetor zakat Rp1 juta. Begitu lah lemahnya kesadaran membayar zakat,” sindir Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, pada acara sosialisasi zakat kepada Aparatur Sipil Negara, ASN di lingkungan Pemprov Riau, di Masjid Raya An-Nur Riau, Jumat (8/3/19) kemaren.

Bahkan menurut Gubri, untuk satu sekolah di Siak, kabupaten yang pernah dipimpinnya selama dua periode sebagai Bupati itu tidak pernah menyetorkan uang zakatnya sebesar Rp1 juta itu.

“Kita patut malu, karena membayar zakat ini kewajiban. Tidak ada namanya orang membayar zakat menjadi berkurang hartanya, menjadi miskin hidupnya,” ungkap Syamsuar lagi.

Lebih lanjut, Syamsuar juga membeberkan, dari 40 OPD di lingkungan Pemprov Riau hanya 21 OPD yang mengumpulkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Kondisi ini pun lagi-lagi membuat keprihatinan Syamsuar.

Diharapkan, ke depan melalui sosialisasi zakat kepada ASN ini, kesadaran para abdi negara ini pun dapat meningkat, tapi juga bukan karena paksaan.

“Kalau pun ternyata ada merasa keberatan, dipersilahkan menyampaikan alasan logisnya.” Akhiri Gubri.

Sumber: MCR     Editor: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.