Kami sampaikan kabar untuk anda

Benarkah Makan Emping Sebabkan Asam Urat?

Foto: Internet

Beberapa jenis makanan harus dibatasi konsumsinya atau bahkan dihindari demi terbebas dari asam urat. Tapi, benarkah emping termasuk salah satunya?

Jakarta Penderita asam urat memiliki banyak pantangan dalam hal makanan. Tapi, meski konsumsi jeroan kerap dijadikan ‘kambing hitam’ munculnya asam urat, nyatanya sejak lama emping disebut-sebut juga sebagai penyebab asam urat.

Emping dan risiko asam urat

Tentunya Anda sering mendengar larangan makan emping bagi penderita asam urat. Anggapan ini pun sudah turun-temurun dipercaya kebenarannya. Perlu diketahui, emping sendiri merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar melinjo. Bahan dasar emping ini juga biasa digunakan sebagai isian dari sayur asem.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, sama seperti jeroan yang dapat memicu asam urat, melinjo ternyata juga memiliki kadar purin tinggi. Purin diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

“Anggapan bahwa melinjo dapat menyebabkan asam urat memang tidak salah. Jika Anda tidak ingin terkena dampaknya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung melinjo mulai saat ini, termasuk emping” ujar wanita yang akrab disapa dr. There tersebut.

Berdasarkan penjelasan dari dr. There, maka tak heran kalau selama ini makan emping juga dikaitkan dengan bahaya asam urat. Nah, bila Anda tidak ingin mengalaminya, sebisa mungkin hindari konsumsi emping atau makanan yang menggunakan melinjo sebagai bahan utamanya.

Makanan lain pemicu asam urat

Tak hanya emping, ada deretan makanan lain yang juga bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh Anda. Tentunya makanan tersebut perlu dihindari oleh orang-orang yang sudah terlanjur terkena asam urat. Berikut ini adalah deretan makanan yang dimaksud:

  • Daging merah

Tak sedikit orang yang menyukai daging merah. Dijadikan bentuk makanan apa pun, daging merah memang nikmat disantap. Sayangnya, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, daging merah juga harus diwaspadai karena turut berkontribusi meningkatkan asam urat.

“Berhati-hatilah karena daging merah termasuk ke dalam makanan dengan kandungan purin sedang (90-100 mg per 100 gram). Konsumsinya lebih baik dibatasi dengan jumlah maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) daging,” ujar dr. Alvin.

  • Makanan laut

Kabar buruk untuk pencinta makanan laut, terutama kerang. Makanan ini masuk dalam salah satu jenis makanan yang memiliki purin tinggi. Kandungan purinnya bisa mencapai hingga 136 mg per gram.

Selain kerang, ada juga udang yang bisa membahayakan tubuh Anda. Kandungan purin dalam udang mencapai 234 mg per 100 gram. Tak hanya itu, kepiting juga jenis makanan laut yang harus dihindari jika Anda tak ingin mengalami asam urat.

Tak berhenti sampai di situ, Anda juga sebaiknya juga membatasi konsumsi sarden. Ikan ini merupakan salah satu yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Menurut dr. Alvin, sarden bukan pilihan menu yang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Jeroan

Sudah jelas bahwa jeroan adalah musuh utama dari asam urat. Otak, hati, ginjal, dan paru biasanya sangat enak disantap dengan nasi panas, baik dijadikan sup atau balado.

Akan tetapi, mengonsumsinya secara berlebihan bisa amat berbahaya. Kandungan purin di dalam jeroan sangat tinggi, bahkan mencapai 1000 mg per 100 gram. Jadi, singkirkan jeroan dari daftar menu makanan jika Anda ingin terbebas dari asam urat.

Faktanya, emping memang berkontribusi menjadi penyebab asam urat karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Selain karena faktor melinjo yang digunakan sebagai bahan utama, cara pengolahannya yang biasanya digoreng dengan minyak juga harus diwaspadai. Jadi, jika ingin terhindar dari asam urat, hindari emping dan berbagai makanan di atas, ya!

Tagged as: , , , ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.