Kami sampaikan kabar untuk anda

Ke Tembilahan, Luhut Binsar Panjaitan Janjikan Hal Ini untuk Masyarakat Inhil

Tembilahan, detikriau.org – Luhut Binsar Panjaitan (LBP) menjanjikan bantuan Pemerintah Pusat untuk komoditi perkelapaan. Tidak hanya kelapa, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini juga janjikan sejumlah perhatian pemerintah untuk Kabupaten Indragiri Hilir.

Janji ini disampaikan LBP dalam pidatonya dilapangan Gadjah Mada saat kunjungannya di Kota Tembilahan, senin (4/3/2019)

“Pemerintah akan membantu mendorong peningkatan dibidang Industri kelapa. Nanti saya akan bantu betul-betul masalah kelapa ini,” Ucap LBP.

Menurut LBP, dulu kelapa tidak bisa ekspor, sekarang siapapun boleh melakukannya secara langsung.

Juga untuk meningkatkan perkelapaan,LBP menyebut Industri Hilirnya harus diperbaiki.

Menurut LBP juga, air kelapa diluar negri bernilai jual tinggi. Ia menyebut, pemerintah nanti akan upayakan pengelolaannya agar memberikan nilai tambah bagi petani kelapa.

“Tadi saya juga sempat melihat beberapa produk yang dihasilkan dari produksi sampingan kelapa. Itu juga perlu kita kembangkan,” Ujar LBP lagi

Dalam penyampaian pidato ini, LBP juga menyebutkan bahwa pemerintah akan memperpanjang landasan pacu bandara Tempuling. Setelah itu direalisasikan, untuk ke Pekanbaru, tidak lagi harus ditempuh dengan waktu 6-7 jam perjalanan darat.

“Tadi saya sudah telpon Mentri Perhubungan. Menhub janji tahun ini, atau tahun depan landasan pacu akan diperpanjang,” Sebut LBP sambil mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo selalu memperhatikan daerah-daerah terpencil.

Untuk masalah mangrove. LBP menyebutkan hampir 50 persennya berada di Indonesia. Mangrove memberikan sumbangan karbon bagi alam termasuk menjadi tempat hidup sejumlah biota laut yang akan menjadi sumber penghidupan bagi nelayan. Untuk itu perlu bersama dijadikan prioritas pelestariannya.

“Nanti saya akan minta staff saya untuk tinjau khusus masalah ini. Saya titip pesan agar mangrove jangan dipotong. Harus terus kita tanam.”Pesankan LBP.

LBP hadir dikota Tembilahan dengan didampingi Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan Walikota Pekanbaru Firdaus. Tampak juga mendampingi, Bupati Inhil HM Wardan dan Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti, Unsur Forkopimda Inhil serta sejumlah pejabat esselon dilingkungan pemkab Inhil.

Dalam kesempatan itu, LBP juga menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada sejumlah perwakilan penerima.

Reporter: Amrul

Tagged as: , ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.