Kami sampaikan kabar untuk anda

Apa Sih Bedanya MLM dengan Money Game yang Disinggung Haram?

Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Jakarta – Nadhlatul Ulama (NU) merekomendasikan money game yang menggunakan sistem multi-level marketing (MLM) haram hukumnya. Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) buka suara soal hal tersebut.

Menurut Dewan Komisoner APLI Djoko Komara pada dasarnya MLM dan money game memiliki persamaan mendasar, yakni perdagangan dengan sistem keanggotaan. Hanya saja, yang membedakan adalah cara bonus yang diperoleh.

Untuk MLM bonus bisa didapatkan berdasarkan penjualan produk sedangkan money game berdasarkan perekrutan anggota baru.

“Bedanya MLM dengan money game, kalau MLM fokus pada produk jadi intinya penjualan barang. Kalau money game itu penjualan keanggotaan,” kata dia saat berbincang dengan detikFinance, Sabtu (2/3/2019).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa sistem menjual keanggotaan menyalahi aturan. Ia menjelaskan bahwa keuntungan dapat diperoleh bila anggota mampu menjual produk.

“MLM nggak membenarkan adanya bonus kalau ada rekrutmen. Jadi kalau ada rekrutmen dapat bonus itu salah, kecuali kalau jual produk baru dapat bonus,” ungkap dia.

Sementara itu, untuk mengetahui perbedaan MLM dengan money game calon anggota harus menerapkan delapan pertanyaan pada perusahaan. Pertama apakah perusahaan memiliki legalitas yang valid, apakah ada produknya, apakah penekanan pada penjualan produk dan bukan peringkat.

Kemudian, apakah komisi dibayarkan sesuai penjualan produk dan bukan uang pendaftaran, apakah peserta masih bisa menghasilkan uang bila tak ada rekrutmen, apakah ada kebijakan pengembalian produk yang rasional.

Terakhir, apakah produk memiliki nilai pasar yang wajar, serta apakah ada alasan yang menarik untuk membeli produk tersebut.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.