Kami sampaikan kabar untuk anda

AS-Korut “No Deal”, Rupiah Terburuk Kedua di Asia

Foto: Muhammad Luthfi Rahman

Jakarta – Seiring berjalannya waktu, pelemahan rupiah kian bertambah dalam. Sekitar satu setengah jam yang lalu, rupiah diperdagangkan melemah 0,33% di pasar spot ke level Rp 14.071/dolar AS. Kini, pelemahan rupiah bertambah dalam menjadi 0,36% ke level Rp 14.075/dolar AS.

Hasil dari pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang mengecewakan membuat tekanan jual terhadap rupiah kian besar. Tak hanya rupiah, mata uang negara-negara kawasan Asia lainnya juga diterpa tekanan jual. Pelemahan paling parah terjadi terhadap mata uang Korea Selatan yakni Won yang jatuh hingga 0,49%.

Mata Uang Perubahan (%)
USD/CNY 0.07
USD/HKD 0.00
USD/IDR 0.36
USD/INR -0.02
USD/JPY -0.22
USD/KRW 0.49
USD/MYR 0.12
USD/PHP -0.19
USD/SGD 0.07
USD/THB 0.32
USD/TWD 0.03

Beberapa saat yang lalu, Trump selesai menggelar konferensi pers pasca pertemuannya dengan Kim diakhiri lebih cepat tanpa ada kesepakatan apapun yang ditandatangani. Padahal, sebelumnya Gedung Putih mengatakan bahwa kedua pimpinan negara akan menghadiri penandatangan perjanjian bersama pada sore hari waktu setempat.

Dari konferensi pers Trump, diketahui bahwa Korea Utara hanya bersedia untuk melakukan denuklirisasi di beberapa area yang dianggap tak begitu signifikan oleh AS. Sebagai gantinya, Korea Utara meminta seluruh sanksi yang telah dibebankan oleh AS untuk dicabut.

“Terkadang Anda harus meninggalkannya, dan ini hanyalah salah satu dari waktu tersebut…. Ada sebuah perbedaan (dengan Korea Utara),” kata Trump dalam konferensi persnya.

Lantas, hubungan antara AS dan Korea Utara bisa sewaktu-waktu memanas lagi.

Pada akhirnya, investor mencari perlindungan ke dolar AS yang merupakan safe haven.

sumber:  CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.