Kami sampaikan kabar untuk anda

Cerita Jokowi Soal Sulitnya Jaga Keseimbangan Harga Pangan

Reported: CNBC Indonesia

Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Kepala Bulog Budi Waseso dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita meninjau gudang penyimpanan beras di Gudang Bulog DKI Jakarta, Kamis (10/1/2018). Peninjauan tersebut untuk menjaga keseimbangan antara harga produksi dan harga pasar agar tercipta stabilitas harga pangan. Jokowi mengatakan dari hasil pantauan langsung, stok Bulog terutama beras suplainya sudah berlipat ganda dibanding tahun-tahun sebelumnya. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokwi) mengungkapkan sulitnya menjaga keseimbangan harga pangan, terutama bagi para petani dan konsumen.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat blusukan ke Pasar Modern Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, seperti dikutip CNBC Indonesia melalui laman setkab.go.id, Sabtu (23/2/2019).

“Mengendalikan keseimbangan [harga pangan] tidak gampang,” kata Jokowi, saat memberikan keterangan pers di Cibinong, Bogor.

Blusukan Jokowi ke Pasar Modern Bintaro memang tidak ada dalam agenda resmi Presiden. Ia mengaku blusukan untuk mengecek harga-harga, terutama beras

“Memang tadi saya pikir ada lonjakan, terutama beras. Tapi relatif sangat stabil. […] Ini mulai awal Maret mulai panen. Nanti mungkin pertengahan sampai April panen raya,” kata Jokowi.

“Harga itu bukan hanya naik, turun pun juga harus dikendalikan. Keseimbangan itu yang sulit,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Presiden, apabila harga terlalu murah maka petani otomatis akan merugi. Sebaliknya, jika terlalu mahal maka masyarakat yang justru akan berteriak.

“Mentan menyampaikan, panen yang ini keihatannya baik. Sehingga kita harus jaga. Karena di stok Bulog ini sekarang juga masih banyak. Tapi stok memang untuk cadangan strategis bencana, kalau gagal panen ada hama. Di petani sendiri ini sbenar lagi panen raya,” tegasnya.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.