Kami sampaikan kabar untuk anda

CEK FAKTA: Prabowo Klaim RI Impor Gula Jutaan Ton, Bagaimana Faktanya

Jakarta – Debat sesi kedua Capres antara Jokowi dan Prabowo malam tadi berlangsung kian seru. Ini terlihat kedua capres saling melempar pertanyaan yang disertai dengan pernyataan.

Salah satu topik yang seru adalah mengenai impor pangan. Prabowo melontarkan klaim kepada Jokowi bahwa  dalam beberapa tahun terakhir banyak terjadi impor pangan yang telah memukul banyak petani lokal.

“Dalam 4 tahun banyak impor komoditas pangan, yang memukul kehidupan petani kita,” kata Prabowo dalam Debat Capres putaran kedua di Hotel Sultan, Minggu malam 17 Februari 2019.
Dia mencontohkan soal besarnya impor gula yang terjadi justru saat masa panen tebu. “Petani tebu panen, tapi gula dari luar [negeri] masuk dalam jumlah yang sangat besar, jutaan ton,” kata Prabowo. Bagaimana faktanya?
Menurut Gurnadi, pengamat dari FITRA, memaparkan data dari Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) pada Juli 2018, bahwa produksi gula nasional di tahun 2018 mencapai 2,1 juta ton. Lalu ditambah sisa gula tahun 2017 sebanyak 1 juta ton dan rembesan gula rafinasi ke pasaran mencapai 800 ribu ton.
Ada pula tambahan impor gula konsumsi sebanyak 1,2 juta ton. Artinya, pasokan gula nasional ada sebanyak 5,1 juta ton. Angka tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah kebutuhan di tahun 2018, yang hanya sebanyak 2,8 juta ton, sehingga mengakibatkan surplus stok gula 2,4 juta ton.[viva]

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.