Kami sampaikan kabar untuk anda

Survei Indomatrik: Elektabilitas Prabowo Pepet Jokowi

Capres Jokowi dan Prabowo Subianto. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

Jakarta – Lembaga survei Indomatrik merilis hasil elektabilitas capres/cawapres hingga akhir Januari 2019. Hasilnya, elektabilitas capres Prabowo Subianto mendekati capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

Survei dilakukan pada 21 sampai 26 Januari 2019, di mana jumlah sampel sebanyak 1.800 responden dengan margin of error +/- 2,8 % pada tingkat kepercayaan 95%. Responden yang terpilih diwawancarai lewat wawancara tatap muka.

Unit sampling primer survei (PSU) ini adalah Desa/Kelurahan di mana jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 orang di 180 wilayah Desa/Kelurahan yang tersebar di 34 Provinsi, 99 Kabupaten/Kota, 180 Kecamatan, dan 180 kelurahan/Desa. Quality Control terhadap hasil survei dilakukan secara acak sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor melalui spotcheck di lapangan. Survei ini dipublikasikan di Hotel Ibis, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2019).

“Pasangan Capres/Cawapres yang akan maju dalam pillpres 17 April 2019 adalah 2 pasangan sebagai berikut, siapa Capres/Wakil Presiden yang akan Ibu/Bapak pilih dari pasangan berikut?” ujar Direktur Riset Lembaga Survei Indomatrik Syahruddin saat membacakan pertanyaan yang diberikan kepada responden. Pertanyaan diberikan secara tertutup saat pengambilan data.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 44,04%. Angka ini beda tipis dengan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin yang meraih 47,97%. Selisih elektabilitas kedua pasangan ini adalah 3,93%.

Rilis survei turut dihadiri Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade. Sementara itu, tidak terlihat perwakilan dari TKN Jokowi-Ma’ruf yang hadir.

Berikut hasil elektabilitas capres/cawapres yang dirilis Indomatrik:

Joko Widodo-Ma’ruf Amin 47,97%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 44,04%
Swing voters 7,99%

sumber: detikcom

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.