Tajam, Dipercaya, Independen

AJI: Hari Pers Jangan Dijadikan Ajang Cari Uang

Foto: Internet

Jakarta — Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan menilai peringatan Hari PersNasional (HPN) yang jatuh pada Sabtu (9/2), seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang menghormati independensi wartawan.

“Dengan cara penyelenggaraannya harus berasal dari komunitas media, jangan mengandalkan dan menjadikan kesempatan ini untuk mencari uang,” kata Manan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (8/2).

Abdul Manan kecewa karena Hari Pers kerap dimanfaatkan sejumlah pejabat.

“Yang juga menjadi kekecewaan kami bahwa acara HPN ini jadi ajang kongkow-kongkow pejabat dan wartawan-wartawan,” lanjutnya.

Kata Manan, pembahasan di HPN kerap kali tidak membahas isu persoalan yang berkaitan langsung dengan wartawan, seperti kekerasan fisik maupun produk legislasi yang dapat mencerahkan wartawan. Kini, menurutnya, banyak bisnis media yang berguguran.

“Kalau kita mau serius membuat acara peringatan hari pers hendaknya menjawab persoalan-persoalan itu,” ujarnya.

AJI, kata dia, meminta pemerintah dan DPR serius dalam mendukung kebebasan pers, dalam bentuk produk hukum berupa pasal yang dapat menjaga keamanan wartawan dari kriminalisasi.

“Bukan hanya satu dari mulut mendukung kemerdekaan pers atau dengan datang ke hari peringatan itu tapi yang lebih utama itu membuat kebijakan yang mendukung kemerdekaan pers,” kata dia.

HPN pada tahun ini akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, dengan mengangkat tema digitalisasi. Kota Surabaya dipilih menjadi lokasi HPN 2019 karena Surabaya adalah kota terbesar nomor dua di Indonesia setelah Jakarta.

sumber: CNNindonesia.com

Tagged as: , , ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.