Kami sampaikan kabar untuk anda

Water Canon dan Puluhan Polisi Siaga di Sidang Perdana Ahmad Dhani

Surabaya — Tepat pukul 09.20 WIB, sidang perdana perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, digelar pada Kamis, 7 Februari 2019. Sidang pun dijaga puluhan polisi, tidak ada kendala berarti dari proses Dhani dibawa ke pengadilan hingga sidang dimulai. 

Dibawa melalui jalur udara dari Jakarta, Dhani tiba di PN Surabaya Jalan Raya Arjuno sekira pukul 06.00 WIB. Pantauan VIVA, sebelum sidang dimulai, politikus Gerindra itu dibawa masuk ke ruang Jaksa, didampingi tim kuasa hukum dan beberapa pendukungnya. Polisi berpakaian preman dan berseragam berjaga-jaga di dalam dan luar ruangan.

Di area luar pengadilan, puluhan polisi pun juga terlihat berjaga-jaga. Dua mobil water canon disiagakan. Maklum, di hari yang sama juga digelar sidang kecelakaan dengan terdakwa pengojek online dan biasanya dihadiri massa sesama pengojek.
Tepat pukul 09.15 WIB, Dhani kemudian dibawa dari ruangan jaksa menuju Ruang Cakra, tempat sidang digelar. Jarak antara dua ruangan itu sekira 30 meter. Dhani bersama tim berjalan pelan-pelan, mengikuti langkah petugas keamanan yang membelah kerumunan awak media.
Di dalam ruang sidang, Dhani tampil dengan ciri khasnya, kaus warna gelap dengan blangkon di kepala. “Dengan ini sidang dinyatakan dimulai dan terbuka untuk umum,” kata Ketua Majelis Hakim R Anton Wiyono. Dhani kemudian duduk di kursi terdakwa.

Sidang perdana ini mengagendakan pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Surabaya. Ada empat jaksa hadir dalam sidang, terdiri dari Jaksa Kejaksaan Tinggi Jatim dan Kejari Surabaya. Dalam dakwaan, Dhani didakwa dengan Pasal 45 ayat (3) Juncto Pasal 25 ayat (3) UU ITE.

Usai dakwaan, jaksa kemudian membacakan surat penetapa Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terkait pengalihan penahanan Dhani dari Rutan Cipinang, Jakarta,  ke Rutan Medaeng. Sempat terjadi perdebatan antara jaksa dengan pengacara, majelis hakim akhirnya memberikan penjelasan soal penetapan itu. Dhani diputuskan ditahan di Rutan Medaeng.

sumber: viva.co.id

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.