Tajam, Dipercaya, Independen

Seleksi Jadi Setara PNS Dibuka Besok, Menpan: Formasinya 150.000

Ilustrasi/Foto: Pradita Utama

Jakarta – Pembukaan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau pegawai setara pegawai negeri sipil (PNS) dilakukan pada 8 Februari besok. Sebanyak 150.000 formasi dibuka pada kesempatan ini.

“Besok sudah buka pendaftaran. Formasi PPPK 150.000,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Ia menambahkan bahwa formasi yang paling diutamakan adalah guru honorer, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian dan lainnya. Perekrutan PPPK juga tidak membatasi usia.

“Karena PPPK tidak membatasi umur, sehingga ruangnya di situ,” ujar Syafruddin.

Makna perjanjian kerja dalam PPPK, kata Syafruddin, juga merupakan hal yang wajar karena PNS juga dilakukan evaluasi.

“Di P3K ada evaluasi per tahun, itu yang dimaksud dengan perjanjian kerja. Di PNS juga ada evaluasi per tahun, jadi sama saja sebenarnya, tidak begitu jauh bedanya,” tutur Syafruddin.

Melalui akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kamis (7/2/2019) penerimaan tersebut bagian dari tahapan pertama. Adapun, formasi yang dibuka adalah untuk tenaga honorer guru, tenaga kesehatan, tenaga harian lepas pertanian dan dosen PTN baru.

“Seleksi P3K Tahap I hanya untuk eks THK2 guru, nakes, THL Pertanian & dosen PTN baru,” bunyi cuitan tersebut.

Lebih lanjut, saat ini pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan kementerian lainnya, seperti Kementerian PAN-RB, Kemendikbud, Kementan, Kemenkes, Kemenristekdikti, dan Kemenag untuk mendata formasi tenaga honorer lain yang dibutuhkan.

“Saat ini BKN tenaga berkoordinasi dengan Kemenpan RB, Kemendikbud, Kementan, Kemenkes, Kemenristekdikti & Kemendag untuk memastikan validitas eks THK2 yang sudah ada di database BKN,” jelas BKN.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menjelaskan saat ini pihaknya belum bisa menyebut jumlah formasi yang akan dibuka. Dia bilang, formasinya masih dimatangkan.

Selain itu, nantinya juga akan dibuka formasi PPPK untuk umum. Artinya, waktu pelaksanaan seleksi PPPK untuk honorer dan umum berbeda.

“Detailnya formasinya nanti diumumkan. Nanti akan dibuka yang formasi umum,” tutup dia.

Sumber: detikcom

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.