Tajam, Dipercaya, Independen

7 Ribu Relawan Disebar ke 5.312 Desa di Jabar untuk Menangkan Jokowi

 

detikriau.org – Sebanyak tujuh ribu relawan yang tergabung dalam Barisan Relawan Desa Jokowi 01 (Berdesa Jokowi 01) ditugaskan untuk memenangkan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di 5.312 desa se-Jawa Barat pada Pilpres 2019.

Koordinator Berdesa 01 Provinsi Jawa Barat, Indra Sudrajat, menjelaskan, relawan yang direkrut dalam pemenangan tersebut berdomisili di pedesaan. Menurutnya, para relawan ini bertanggung jawab mendatangi langsung dan berinteraksi di masyarakat menetralisir hoaks yang menyerang Jokowi.

“Yang tergabung di Berdesa Jokowi 01 ini para pegiat desa, memang yang selama ini beraktivitas dengan berbagai macam profesi di desanya. Nah memang tantangan di desa itu sangat berat karena banyak masyarakat yang tidak menggunakan media sosial, itu yang menjadi masalah,” ujar Indra seusai pertemuan relawan di jalan Malabar, Kota Bandung, Selasa 5 Februari 2019.

Lanjut Indra, isu Partai Komunis Indonesia (PKI) masih menyerang Jokowi di pedesaan. Bahkan, lanjut Indra, hoaks tersebut menyebar intensif mengelabui masyarakat dibandingkan capaian kinerja Jokowi sebagai calon presiden petahana.

“Ini harus ada relawan yang turun ke bawah menetralisir isu, fitnah dan berita bohong serta menyampaikan prestasi yang sudah dicapai Jokowi selama empat tahun ini,” katanya.

Indra menambahkan, formula para relawan di lapangan yaitu dengan bergabung dengan aktivitas sosial kemasyarakatan di masing-masing desa.

“Teman-teman di lapangan itu ikut dalam kegiatan-kegiatan gotong royong, siskamling, keagamaan, di situlah tempat interaksi masyarakat di desa-desa, biasanya sudah membicarakan hal-hal yang bersifat politik, pilpres,” katanya.

Pembina Berdesa Jokowi 01, Abdy Yuhana, menambahkan, para relawan ini diharapkan mampu menangkal hoaks yang beredar di tengah masyarakat. “Terus melakukan pelurusan informasi yang sarat hoaks, fitnah dan berita bohong yang ditujukan pada Pak Jokowi,” katanya.

“Gerakan Berdesa Jokowi 01 yaitu di pedesaan dengan cara mendatangi langsung dari rumah ke rumah. Masyarakat harus mendapat informasi yang lengkap terkait apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi serta visi, misi dan program kerja Jokowi Ma’ruf ke depan,” ucapnya.

sumber: viva.co.id

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.