Kami sampaikan kabar untuk anda

Ombudsman: Kita Temukan Gula Impor Banyak Rembes ke Pasar

Ilustrasi gula rafinasi/Foto: Ari Saputra

Jakartadetikfinance mewartakan, Ombudsman menemukan gula rafinasi yang diimpor untuk industri rembes ke pasar. Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, pihaknya mendapati rembesan gula impor tersebut berdasarkan hasil investigasi.

“Kita investigasi, kita temukan di lapangan gula impor banyak yang merembes ke pasar,” katanya dalam konferensi pers di kantornya, Senin (4/1/2019).

Dia mengatakan, gula impor untuk industri yang masuk pasar ini bisa dilihat ciri-cirinya dari barcode yang tertera di kemasan.

Dari situ akan terlacak peruntukan gula tersebut yang sebenarnya hanya untuk kebutuhan industri, bukan untuk konsumsi masyarakat secara langsung.

“Kan pakai barcode ya di situ kan. Tiba tiba kok masuk ke pasar. Padahal kan itu untuk industri,” jelasnya.

Untuk diketahui, impor gula rafinasi untuk industri dilakukan melalui mekanisme Pasar Lelang Gula Kristal Rafinasi (GKR). Dengan sistem ini, pemerintah menjamin pengawasan yang lebih akurat karena sistem ini dilengkapi dengan barcode elektronik (e-barcode).

Kode yang terkandung dalam e-barcode mengandung informasi dan histori perdagangan GKR yang lengkap dan akurat, mulai dari proses importasi bahan baku, produksi, penjualan, pembelian, serta distribusi gula. Berdasarkan hal itu, maka gula impor untuk industri yang masuk pasar bisa diketahui.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.