Kami sampaikan kabar untuk anda

Sabtu, BMKG Laporkan 52 Kali Gempabumi Guncang Mentawai

Detikriau.org  — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 52 kali gempamengguncang Mentawai, Sumatera Barat sepanjang Sabtu (2/2) hingga pukul 21.00 WIB.

“Dari 52 gempa tersebut sebanyak enam gempa dengan kekuatan di atas 5 Skala Richter dan 46 lainnya di bawah 5 Skala Richter,” kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dikutip dari Antara.

Menurut Rahmat berdasarkan lokasi epistentrum dan hiposentrum, gempa yang terjadi termasuk ke dalam klasifikasi dangkal. Gempa-gempa itu terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat pulau Sumatra.

“Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik,” kata Rahmat.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Solok II-III MMI Padang, Pariaman, Painan III-IV dan Kepulauan Mentawai (Tua Pejat,Pagai Selatan) IV-V MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujar Rahmat.

dikutip melalui laman minangkabaunews.com, masyarakat yang tengah berbelanja di pusat perbelanjaan Plaza Andalaspun berhamburan hingga ke jalan

“Saya sedang lihat-lihat sepatu. Tiba-tiba ruangan Plaza ini berayun. Saat itu, orang-orang ribut dan teriak gempa. Saya pun memutuskan untuk lari. Alhamdulillah, aman,” tutur Iwan warga Kuranji.

Di lantai rumah tak bertingkat pun, gempa terasa cukup kencang. Bahkan, sebagian warga turut berhamburan ke luar rumah.

“Guncangannya terasa cukup kencang,” kata Dodo warga Padang Selatan.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.