Tajam, Dipercaya, Independen

Suhu AS -48 Derajat Celcius, Sekolah Tutup dan Penerbangan Dibatalkan

Seorang pria mengambil foto Danau Michigan dan kaki langit ketika suhu turun menjadi -20 derajat F (-29 C) di Chicago. (Foto: AFP/JOSHUA LOTT)

New York – Sebagian wilayah di Amerika Serikat (AS) dilanda cuaca dingin dengan suhu lebih rendah dari Antartika. Hal ini membuat penerbangan dihentikan dan sekolah-sekolah ditutup.

Masyarakat diminta untuk tetap tinggal di dalam rumah, lantaran hampir sebagian negara di AS mengalami udara yang cukup dingin. Cuaca buruk juga meningkatkan ketakutan bahaya hipotermia menyerang tunawisma.

Layanan Cuaca Nasional (NWS) memperkirakan suhu akan tetap berada pada 25 hingga 45 derajat hingga Kamis (31/1). Dengan nilai angin dingin serendah -25 hingga -55 derajat Fahrenheit atau -32 hingga -48 Celcius.

Media AS melaporkan sedikitnya terjadi lima kematian karena kondisi yang membeku serta badai salju. Lebih dari 1.800 penerbangan dibatalkan di dua bandara utama Chicago, selain itu operator kereta api Amtrak juga membatalkan layanan kereta api di pusat kota.

Penyebab dari udara dingin ini dikabarkan karena adanya pusaran udara Arktik yang memisahkan diri dari pusaran kutub yang terdapat di kutub utara.

“Angin dingin yang berbahaya dapat menyebabkan radang dingin pada kulit yang terpapar dalam waktu lima menit,” demikian pernyataan NWS, seperti dilaporkan¬†AFP melansir melalui iNews, Kamis (31/1/2019).

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer mengatakan kantor pemerintah akan tetap ditutup hingga Kamis. Karyawan yang tidak memiliki kepentingan diminta untuk tetap tinggal di rumah.

“Layanan Cuaca Nasional terus memprediksi suhu dingin di bawah nol yang berbahaya dan prioritas harus terus dipertahankan agar orang tetap aman,” kata Whitmer, dalam sebuah pernyataan.

Namun, pusat-pusat hawa panas dibuka untuk penghuni rentan seperti lansia, tunawisma hingga 16.000 orang yang diperkirakan tinggal di jalanan Chicago. Di Chicago dan Minneapolis, beberapa bus berkeliling untuk digunakan sebagai tempat penampungan hawa panas untuk para tunawisma.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.